Gelar Dialog Interaktif, Mapancas Lampung Harapkan Mahasiswa Melek Pilkada Serentak

Jumat 13-09-2024,23:33 WIB
Reporter : Anggi Rhaisa
Editor : Anggri Sastriadi

Pemateri lainnya,Dr Idham Manaf, S.Ag.SH, M.H, Dosen Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (Universitas Saburai) Bandar Lampung, menyampaikan, suara Anak muda penting karena suara generasi muda potensial, serta pemuda merupakan agen perubahan. 

"Jadi pergunakan hak pilih sebaik-sebaiknya sesuai dengan hati nurani,"jelasnya 

Pemateri lainnya, Darmawan Purba ,M.IP, Sekretaris Jurusan Ilmu Pemerintahan Dosen Fisip Unila, menyampaikan, Pemilu adalah bagian dari demokrasi.

"Pelaksanaan Pemilu adalah Penentu takdir masa depan kalian. Cara kita untuk memilih pemimpin yang memperjuangkan masa depan kita,"jelas Darmawan Purba.

Oleh sebab itu, Darmawan mengajak pemuda menggali banyak  informasi, pengetahuan seluasnya tentang profil calon pemimpin sehingga kita dapat memilih pemimpin yang tepat.

Kaprodi PPKN  FKIP Unila, Dr Yunisca Nurmalisa, M.Pd  menyampaikan, Gen Z sudah melek teknologi sejak dalam rahim ibu.

"Mereka kreatif teknologi namun terkait implementasi mendalam mereka sedikit kurang hal itu.Jadi berhati hati menggunakan teknologi,"ucap Dr Nurmalisa 

Oleh sebab itu,  Dr Nurmalisa berharap Mahasiswa mampu mengeksplor hal hal mengenai pilkada melalui social media .

"Jadi bukan hanya eksplor tentang artis saja  tapi menggali informasi mengenai calon pemimpin daerah.Tetapi sosialisasi seperti ini jadi terbuka mengenai bagaimana sih pelaksanaan pilkada tersebut,"jelasnya.

Sebagai Kaprodi PPKN FKIP Unila, Dr Nurmalisa, mengapresiasi kegiatan dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh Mapancas Lampung karena kesadaran politik terbangun dari salah satu kegiatan ini.

"Kegiatan Dialog Interaktif ini juga sebagai pendukung kompetensi mahasiswa dan penguatan mata kuliah dalam prodi PPKN,"tambah Dr Nurmalisa.

Ditempat yang sama, Ketua Mapancas Lampung, Sugirin TJastoni,S.Sos menambahkan, Mapancas mengadakan dialog interaktif berharap pemuda dalam hal ini mahasiswa di Lampung melek atas Pilkada.

Disadarinya, banyak mahasiswa masih menganggap apatis terhadap pemilu maupun pilkada karena kemungkinan tidak ada dirasakan manfaat Pilkada.

"Mapancas hadir ditengah tengah mahasiswa mengajak mereka untuk menjadi warga negara yang baik dalam artian aktif ikut berpartisipasi dalam pilkada ini karena suara adek adek mahasiswa sangat berpengaruh terhadap nasib kedepan daerah dimana kita tinggal,"pungkasnya. 

Kategori :