Tahun 2023, Pringsewu Mampu Surplus Beras

Minggu 15-09-2024,20:45 WIB
Reporter : Agus Suwignyo
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Lahan sawah seluas 13.928 hektar, pada musim panen 2023 lalu menghasilkan padi 124.652 ton Gabah Kering Giling (GKG) atau setara 74.495 ton beras.

Sementara total konsumsi masyarakat Pringsewu dalam satu tahun mencapai 31.084 ton." Ada surplus sebesar 43.411 ton beras, yang dapat dikirim ke luar wilayah Kabupaten Pringsewu," terang

 Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan saat Panen Perdana Padi metode Tanpa Olah Tanah (TOT) musim tanam gadu 2024 di Gapoktan Dadisari, Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Dikatakan Marindo

hal ini menunjukkan Kabupaten Pringsewu telah secara nyata berperan dalam menjaga ketersediaan pangan. 

BACA JUGA:Wabup Way Kanan Pimpin Upacara Hari Pramuka

"Metode penanaman padi Tanpa Olah Tanah ini sendiri, merupakan salah satu alternatif yang dilakukan untuk menghemat biaya tanam hingga 40%, selain mengurangi biaya produksi dan waktu musim tanam hingga 1 bulan," terangnya.

Dengan TOT kualitas pertumbuhan tanaman dan hasil panen tidak berbeda dengan penanaman padi biasa. Serta konsep pengendalian hama terpadu padi sawah dapat diterapkan, yang tentunya dapat melestarikan kesuburan tanah, mengurani pencucian unsur hara dan jumlah sendimen terangkut.

"Meskipun masih belum banyak petani dan gapoktan yang menggunakan metode ini, saya berharap dengan melihat hasil yang diperoleh hari ini, akan banyak yang mulai beralih dan menerapkan pola budidaya padi ini," jelas Marindo.

Pj.Bupati Pringsewu juga mengajak bersama-sama mencarikan ide, gagasan dan inovasi untuk mengatasi berbagai kendala yang masih dihadapi para petani di Kabupaten Pringsewu. Agar kesejahteraan petani dapat meningkat dan kebutuhan pangan dapat tercukupi, sekaligus dalam rangka mendukung swasembada pangan di Kabupaten Pringsewu.

BACA JUGA:Ikuti Jejak Sang Ayah, Ini Segudang Prestasi Jevo Batara Anak Irjen Napoleon Bonaparte

"Selain beras, juga masih terdapat potensi unggulan lain di Kabupaten Pringsewu, yaitu cabai, bawang merah dan jagung, serta sektor peternakan antara lain sapi, ayam potong dan telur," ungkapnya. 

Kategori :