Waspada Potensi Cuaca Buruk Dalam Beberapa Hari Kedepan

Jumat 11-10-2024,14:56 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

"Secara keseluruhan, bencana hidrometeorologi, terutama banjir begitu mendominasi pada periode bulan Oktober-November ini," ungkapnya.

Dari bencana, korban, dan kerusakan di Provinsi Lampung dari tahun 2003 hingga 2024, Kota Bandar Lampung mencatat jumlah tertinggi dalam berbagai kategori, seperti jumlah bencana, kerusakan fasilitas umum, pendidikan, dan kesehatan. 

"Lampung Selatan dan Tanggamus juga mengalami dampak signifikan, terutama dalam jumlah korban dan kerusakan rumah. Wilayah seperti Tulang Bawang dan Way Kanan memiliki angka lebih rendah, sedangkan Kota Metro, Pesawaran, dan Mesuji menunjukkan dampak yang lebih moderat," urainya.

"Secara keseluruhan, wilayah dengan populasi besar mencatat dampak yang lebih besar terhadap frekuensi kejadian bencana dan juga kerusakan yang ditimbulkan," sambungnya.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi utama dampak cuaca buruk.

"Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah dan memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial," imbaunya.

Lalu mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan.

"Tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak. Serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan," tandasnya.

Kategori :