Inovasi Gelluk Mengan Pai Dorong Capaian IKD Metro Tertinggi Se-Lampung

Kamis 17-10-2024,11:00 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Anggri Sastriadi

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro mencatat kepemilikan Identitas Kependudukan Digital (IKD) telah mencapai 20 persen sampai September 2024.

Pencapaian IKD di Bumi Sai Wawai tersebut tertinggi se Provinsi Lampung. Hal tersebut juga didorong dengan hadirnya inovasi baru Disdukcapil Kota Metro, yakni "Gelluk Mengan Pai".

Kepala Disdukcapil Kota Metro, Ika Pusparini menjelaskan, dari realisasi kepemilikan IKD di Kota Metro, jumlah tersebut tertinggi se Provinsi Lampung.

"Capaian IKD kita ada di angka 20 persen. Persentase itu tertinggi jika dibandingkan dengan kota ataupun abupaten lain di Lampung," ujarnya.

BACA JUGA:Rebut Link DANA Kaget Gratis, Cairkan Saldo Hingga Rp 273 Ribu, Cukup Sekali Klik Tautan Sekarang

Dari capaian tertinggi tersebut, Kota Metro pun memperoleh penghargaan dari Provinsi Lampung.

"Yakni penghargaan Disdukcapil Award dari Pemerintah Provinsi Lampung," imbuhnya.

Ika mengungkapkan, Disdukcapil Kota Metro juga disebut sebagai Kota pelayanan administrasi kependudukan tertinggi dari Kemenpan RB.

Ia berharap, masyarakat Kota Metro seluruhnya termasuk masyarakat menengah ke bawah dapat memperoleh dokumen administrasi kependudukan.

BACA JUGA:Promo Indomaret Kamis 17 Oktober 2024, Dapatkan Diskon Sabun Cuci Piring Rp 6 Ribu, Ini Rinciannya

"Itu nanti kita buatkan langsung di tempat. Kalau Data kemiskinan kami mendapatkannya dari Dinas Sosial, BPS, dan juga mahasiswa. Ya kita berharap, semua masyarakat khususnya masyarakat miskin di Metro bisa mendapatkan dokumen administrasi kependudukan, dan juga dapat melakukan aktivasi IKD," jelasnya.

Salah satu warga Kelurahan Imopuro, Intan, mengatakan, dengan adanya IKD ini, lebih mempermudah masyarakat terutama dirinya jika membutuhkan dokumen kependudukan saat tidak membawa dokumen fisik.

"Mempermudah kita. Kalau kita pergi-pergi kan smartphone ini kita bawa sih. Jadi lebih mudah kalau kita perlu KTP atau KK," kata dia.

Dirinya juga sudah mengunduh aplikasi IKD saat mengetahui informasi bahwa telah ada digitalisasi kependudukan.

BACA JUGA:Aktifkan SPayLater Sekarang, Dapatkan Saldo ShopePay Rp15 Ribu, Begini Caranya

Kategori :