Wahdi Sebut Program Home Care jadi Solusi Kesehatan Masyarakat yang Mesti Dilanjutkan

Kamis 17-10-2024,17:41 WIB
Reporter : Ruri Setiauntari
Editor : Anggri Sastriadi

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Calon Wali Kota Metro nomor urut 02, Wahdi menjenguk nenek Rostina (52) yang merupakan warga RT 50/ RW 08 di Jalan Reformasi, Kelurahan Metro, Metro Pusat Kota Metro.

Nenek Rostina menderita penyakit stroke, dan darah tinggi.

Wahdi mengatakan, selama masa kepemimpinan Wahdi-Qomaru, pemerintah Kota Metro telah menggalakkan program home care, serta membangun jaringan layanan kesehatan melalui kader Dasawisma. 

"Program fokus di pelayanan dasar, mulai dari pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan. Kita juga ada home care, jadi program itu sudah berjalan dan terus berjalan. Kita juga turun langsung ke lapangan," ujarnya.

BACA JUGA:Jatuh Dari Balkon Hotel di Argentina, Liam Payne Eks One Direction Dinyatakan Meninggal Dunia

Ia menjelaskan, di Kota Metro juga memiliki pemberdayaan kader Dasawisma yang telah berlangsung selama 3 tahun 6 bulan. Di mana, kader dasawisma merupakan ujung tombak untuk mendeteksi kondisi kesehatan di lingkungan keluarga. 

"Saya sudah sering menyampaikan, jangan sampai ada satu dari 10 rumah yang bertetangga tidak saling mengetahui. Misalkan ada tetangga sakit, kita tidak saling tahu. Dosa kita," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Kota Metro sering memperoleh penghargaan dari bidang kesehatan, salah satunya yaitu penghargaan Universal Health Coverage (UHC Award) Tahun 2024. 

Sehingga, Kota Metro menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Lampung yang memperoleh kategori utama. Di mana, penilaian UHC Award Kota Metro mencapai 102,82 persen dari total penduduk. 

BACA JUGA:Diduga Karena Angin Kencang, Tiang Listrik Bertegangan Tinggi Roboh di Bandarlampung

Ia menjelaskan, pencapaian tersebut memastikan bahwa seluruh penduduk telah tercover oleh jaminan kesehatan dengan fasilitas yang memadai.

"Alhamdulillah. Rumah sakit kita sekarang ini sudah jadi rumah sakit rujukan regional dua. Di Lampung ini hanya ada Rumah Sakit Abdoel Moloek milik Provinsi, dan Rumah Sakit Ahmad Yani punya kota madya. Kita wajib bangga dong sebagai warga asli Metro," jelasnya. 

Dalam kunjungannya tersebut, Wahdi juga memberikan motivasi kepada nenek Rostina supaya selalu menjaga pikiran dan hati guna mempercepat pemulihan kesehatan dari sakit yang dialami sejak tiga bulan lalu.

Kategori :