Waspada! Banjir Rob Mengintai Perairan Lampung

Minggu 20-10-2024,19:00 WIB
Reporter : Melida Rohlita
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Maritim Kelas IV Panjang, Bandar Lampung mengeluarkan peringatan dini terkait potensi banjir yang bakal melanda Pesisir Lampung, beberapa waktu kedepan.

Hal tersebut diungkapkan Forcaster Stasiun Maritim Kelas IV Panjang Eka Suci. Dirinya mengungkapkan, telah terdapat pasang maksimum yang disertai fase bulan purnama pada tanggal 17 Oktober 2024, yang berpotensi menyebabkan banjir Rob.

"Adanya pasang maksimum disertai dengan fase Bulan Purnama pada tanggal 17 Oktober 2024 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap ketinggian pasang air laut maksimum tanggal 19 sampai 22 Oktober 2024," katanya, Minggu, 20 Oktober 2024.

Menurutnya, potensi banjir rob tersebut ada pada setiap lokasi pesisir pantai. Oleh karenanya pihaknya meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

BACA JUGA:Rebut Segera Link DANA Kaget Terbaru, Ada Saldo Gratis Hingga Rp 300 Ribu Edisi Terbatas, Cek Kuotanya!

BACA JUGA:Wahdi Ingatkan Simpatisan Ciptakan politik damai, Jangan Terpancing Berita Hoaks

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini," ujarnya.

Secara umum, kata Suci, peristiwa tersebut dapat menggangu aktivitas masyarakat yang melakukan kegiatan di lokasi Pesisir.

"Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat," ungkapnya.

Untuk itu masyarakat di wilayah Pesisir Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran, Pesisir Timur Lampung dan Pesisir Barat Lampung diminta untuk selalu waspada.

Kategori :