Iklan Bos Aca Header Detail

377 Calon Jamaah Haji Asal Tanggamus Gagal Berangkat

377 Calon Jamaah Haji Asal Tanggamus Gagal Berangkat

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 377 calon jamaah haji (CJH) asal Tanggamus batal berangkat tahun ini. Pembatalan lantaran belum ada jawaban pasti dari pihak Arab Saudi terkait pemberangkatan CJH asal Indonesia.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Tanggamus Mardanus menerangkan, pembatalan keberangkatan CJH bukan serta merta dilakukan.

Melainkan merujuk pada Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 Masehi

\"Calon jamaah haji 2021 ini merupakan calon jamaah haji tunda 2020. Karena pandemi Covid-19 telah berlangsung sejak Maret tahun 2020 lalu,\" kata Mardanus mewakil Kepala Kantor Kemenag Tanggamus Murdi Amin.

Mardanus menjelaskan, seiring berjalannya waktu, Kementerian Agama sudah mempersiapkan langkah-langkah terkait pemberangkatan CJH di masa pandemi Covid-19.

Mulai dari melakukan pembicaraan dengan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia pada 11 Januari. Lalu tanggal 18 Januari, Menteri Agama melakukan diplomasi dengan Menteri Haji Saleh Benten.

Kemudian rapat kerja antara Menag Yaqut Cholil Qoumas dengan tim manajemen krisis (kerja serius layani umat) dan rapat kerja dengan DPR RI.

\"Ada 20 langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Agama. Lalu kesimpulannya, 3 Juni 2021 Menteri Agama bersama Komisi VIII DPR RI, ormas Islam dan BPKH mengumumkan kebijakan pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun 2021,\" urainya. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: