48 Pekon Terima Dana Desa Tahap II

48 Pekon Terima Dana Desa Tahap II

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 48 dari 229 pekon telah menerima dana desa (DD) tahap II tahun 2021. Kemudian 46 pekon tinggal menunggu terbitnya surat perintah pencairan dana (SP2D) dari Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

Kepala BPKD Suaidi melalui Kabid Perbendaharaan Septina menerangkan, terhitung per 20 Agustus lalu, sebanyak 48 pekon telah menerima DD tahap II sebesar 40 persen.

Pekon-pekon tersebut tersebar di Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Kelumbayan, Kotaagung Barat, Kotaagung Timur, Pugung, Semaka, Wonosobo dan Talangpadang. Kemudian masing-masing satu pekon di Kecamatan Gunungalip dan Gisting.

\"Selain 48 pekon tersebut, 46 pekonĀ  tengah dalam proses SP2D. Insya Allah dalam waktu dekat ini telah menerima DD tahap II,\" kata Septina.

Ia menerangkan, DD sebesar 40 persen dari pagu anggaran yang diterima oleh tiap pekon diperuntukan pembangunan skala prioritas dan telah tertuang dalam RPJM Pekon.

Kemudian untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) serta delapan persen menunjang PPKM mikro di setiap pekon yang telah dibagi setiap pos anggaran.

Dengan kegunaan yang telah sesuai peraturan dan juknis tersebut, diharapkan tidak terjadi tumpang tindih anggaran. Sebab ini akan mempersulit pekon pada saat penyampaian laporan pertanggungjawaban.

\"Jadi sudah jelas, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya ada pos anggarannya sendiri. Begitu juga dengan BLT-DD dan PPKM mikro, sehingga tidak ada tumpang tindih. Misalnya anggaran pembangunan dipakai dahulu untuk BLT-DD. Ini justru akan mempersulit pekon,\" tegas Septina.

Dilanjutkan, anggaran yang terlebih dahulu dicairkan bersumber dari pusat. Sementara untuk alokasi dana pekon (ADP) yang bersumber dari APBD kabupaten, saat ini dalam proses. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: