Iklan Bos Aca Header Detail

Siapkan BUMDes Bersama di Suoh

Siapkan BUMDes Bersama di Suoh

radarlampung.co.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (DPMP) Lampung Barat fokus mempersiapkan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama yang melibatkan seluruh pekon di Kecamatan Suoh. Langkah ini dalam rangka menangkap peluang pengelolaan hasil bumi, khususnya beras.

Diketahui, Kecamatan Suoh dengan luas areal persawahan mencapai 2.057 hektare, memiliki produksi 5,5 ton gabah kering giling (GKG) per hektare atau 11.000 ton lebih GKG untuk sekali panen.

Selama ini peluang tersebut masih dimanfaatkan para tengkulak dari luar daerah dengan membeli GKG. Kondisi ini kurang menguntungkan petani.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Reza Pahlevi mendampingi Kepala DPMP Lambar Ronggur L. Tobing mengungkapkan, rencana pembentukan BUMDes mulai dibahas. Ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2021 mendatang.

\"Pembentukan BUMDes bersama, akan melibatkan seluruh pekon. Seperti penyertaan modal, minimal Rp100 juta per pekon. Tahun ini mulai dipersiapkan. Termasuk peraturan desa dan regulasi yang akan mengatur BUMDes bersama tersebut,\" urainya.

Dengan keberadaan BUMDes, produk beras lokal dari Suoh dapat dikenal masyarakat dalam maupun luar Lambar.

Sementara Camat Suoh Novi Andry menyambut baik rencana pembentukan BUMDes bersama yang sudah dijadikan komitmen oleh pekon tersebut. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: