Siapkan Dua Skema Bantu Rumah Warga yang Rusak Akibat Puting Beliung

Siapkan Dua Skema Bantu Rumah Warga yang Rusak Akibat Puting Beliung

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyiapkan dua skema untuk membantu kediaman warga yang terdampak angin puting beliung.

Yakni bedah dan benah rumah melalui progam Bedah Rumah Layak Sehat (Berkat) dari Baznas atau bersumber dari dana darurat bencana

\"Bisa diberikan bantuan bedah rumah jika kondisinya tidak layak huni lagi. Kemudian benah rumah jika kondisi rumah masih layak huni. Misal yang rusak hanya atapnya,\" kata Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, Rabu (10/2).

Untuk perbaikan SD di Desa Cimanuk, menjadi kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama bagi MTs yang terdampak puting beliung

\"Kalau perbaikan sekolah, sudah ada domainnya di satker terkait,\" ucapnya.

Sementara untuk dua skema bantuan tersebut, saat ini dinas terkait tengah melakukan perhitungan kebutuhan anggaran bersama Baznas

\"Bisa dari progrm Baznas maupun anggaran darurat bencana BPBD. Untuk itu BPBD akan koordinasi dengan Dinas PU serta Pernik untuk mengestimasi kebutuhan anggarannya,\" urainya.

Diketahui, puting beliung merusak 14 rumah dan satu sekolah dasar diĀ  Kecamatan Waylima. Kemudian satu MTs dan rumah warga di Desa Kota Jawa, Kecamatan Waykhilau.

Puting beliung juga terjadi di Desa Sungailangka, Kecamatan Gedongtataan; Desa Timbangan dan Banjaran, Kecamatan Padangcermin serta pantai Klara. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: