Sidak ke RSUDBM, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Tanggamus Dimarahi Petugas

Sidak ke RSUDBM, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Tanggamus Dimarahi Petugas

radarlampung.co.id - Komisi IV DPRD Tanggamus melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang (RSUDBM). Hasilnya, didapati beberapa ruangan yang terbengkalai. Lalu sejumlah pintu rusak dan ada saluran untuk air limbah rumah sakit di samping ruang kelas III.

Kemudian belum ada fasilitas AC di ruang kelas II dan masih bebasnya warga yang tidak berkepentingan masuk ke RSUDBM karena belum adanya pagar tembok.

Tidak hanya itu. Sidak yang dipimpin anggota Komisi IV Hajin M. Umar didampingi Ketua Komisi IV Hartono menemukan pelayanan RSUDBM yang masih kurang ramah. Bahkan hal itu dialami langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV Zulki Kurniawan.

\"Tadi, waktu sidak di lantai bawah (ruang administrasi, Red), saya juga dimarahi sama pegawainya. Wakil Ketua Komisi IV loh, dimarahi,\" kata Zulki saat berdiskusi dengan Direktur RSUDBM Kotaagung dr. Diyan Ekawati di ruang kerjanya.

Menanggapi hal ini, Direktur RSUDBM Kotaagung dr. Diyan Ekawati mengakui jika pelayanan di rumah sakit itu masih kurang ramah.

\"Iya, memang benar, kalau pelayanan di sini kurang ramah. Tapi selama ini kami terus berupaya mengajarkan kepada jajaran untuk bersikap ramah kepada setiap pasien maupun keluarga pasien yang datang. Tapi ya itu tadi. Mengubah karakter pegawai yang berjumlah ratusan ini memang nggak gampang. Jadi harus pelan-pelan,\" kata Diyan.

Dalam kesempatan itu, Komisi IV juga menyinggung soal isu tenaga medis yang belum dibayarkan, seperti yang sudah banyak diberitakan di media. Menanggapi hal itu, dr. Diyan Ekawati menjelaskan bahwa penunggakan pembayaran berkaitan dengan klaim BPJS.

\"Jadi sampai hari ini kita baru dibayarkan hingga September sebagian oleh BPJS. Sedangkan sekarang sudah Februari. Kendalanya di BPJS,\" terangnya.

Sementara Hajin M. Umar menyatakan, sidak untuk meninjau langsung kondisi RSUDBM. Baik dari bangunan maupun pelayanan kesehatannya.

\"Kita ingin supaya rumah sakit ini dikelola dengan manajemen kesehatan yang baik, sehingga pelayanan bisa memuaskan dan bisa jadi kebanggaan masyarakat Tanggamus,\" tegasnya.

Hajin juga meminta pegawai RSUDBM dapat meningkatkan 3S, yakni Senyum, Sapa dan Salam. Dengan begitu pelayanan di rumah sakit tersebut penuh dengan keramahan, kesantunan dan kesabaran.

\"Dengan begitu, keluarga pasien yang hendak mengurus administrasi atau mengurus apapun, bisa nyaman dan tidak terjadi konflik dengan pegawai,\" pungkasnya. (uji/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: