Simak, Ini RPJMD Lamtim 2021 - 2026

Simak, Ini RPJMD Lamtim 2021 - 2026

Radarlampung.co.id - Program pembangunan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur tahun 2021-2026, akan difokuskan untuk mewujudkan kejayaan masyarakat yang religius, berdaya saing, berkeadilan dan sejahtera.

Itu disampakan Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo saat membuka musyarawah rencana pembangunan (Musrenbang) rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 di Aula Sekretariat Kabupaten, Selasa (13/7).

Musrenbang itu dihadiri juga Wakil Bupati Azwar Hadi dan jajaran. Sementara, dari Provinsi Lampung mengikuti Musrenbang RPJMD 2021-2026 secara daring melalui zoom meeting.

Menurutnya, untuk mewujudkan program RPJMD tahun 2021 - 2026 tersebut, bukan hal yang mudah. Sebab, selain dampak pandemi covid-19, saat ini Lamtim masih menghadapi sejumlah isu strategis. Antara lain, pemulihan ekonomi daerah, petani dan nelayan belum sejahtera dan produksi padi berkecenderungan menurun dan kemantapan jalan kabupaten baru mencapai 61,17 persen.

Untuk mengatasi sejumlah kendala itu, sambung Dawam, maka visi Rakyat Lampung Timur Berjaya tersebut, akan dilaksanakan melalui 9 Misi atau disebut Siwao Misei, yakni Meningkatkan Program Petani Berjaya; Peningkatan pembangunan infrastruktur multi sektor berbasis perdesaanPeningkatan kualitas SDM yang sehat, cerdas dan berkarakter melalui pelayanan kesehatan, pendidikan, keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

Meningkatkan peran koperasi, UMKM, BUMDes, BUMD, Lembaga Keuangan lainnya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat agar berdaya saing dengan berbasis pada ekonomi lokal.

Meningkatkan pendidikan politik dan kesadaran hukum masyarakat; Meningkatkan good govermance  (tata kelola pemerintahan) yang bertanggungjawab;

Menciptakan peluang usaha dan investasi multi sektor dengan memberdayakan potensi sumber daya kearifan lokal;

Meningkatkan penanganan pandemi penyakit menular, pencegahan dan pemberantasan narkoba serta penanggulangan bencana alam. Terakhir, meningkatkan tata kelola lingkungan hidup dan sumber daya alam yang berkualitas.

Selanjutnya, sasaran pokok pembangunan daerah tahun 2026 terdiri dari, nilai tukar petani dan nelayan di atas 100 persen; tingkat kemantapan jalan 75 persen; Indeks Pembangunan Manusia 69,9 - 70,10; Tingkat Pengangguran Terbuka : 2,6 – 2,5% ; Laju Pertumbuhan Ekonomi : 4,2-4,5%; Persentase Penduduk Miskin : 13,6 - 13,3; Laju Inflasi : 2,0 – 2,5% ; indeks gini 0,34 – 0,33 ; Rasio Angka Kriminalitas per 1000 penduduk : 0,35 ; Nilai Reformasi Birokrasi  B ;  Opini BPK : WTP dan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup  59,8.

\"Saya berharap, seluruh perangkat daerah dapat menyusun Renstra OPD dengan baik, dan dapat berinovasi serta  bekerja keras dalam pelaksanaan tugasnya guna mencapai target yang telah ditetapkan dan guna meningkatkan layanan kepada masyarakat,\"harap M.Dawam Rahardjo.

Kesempatan yang sama, Bupati berharap, Pemprov Lampung memberi dukungan program dan pendanaan guna mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan terutama di sektor infrastruktur, pertanian, perikanan, pendidikan, kesehatan serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

\"Kami percaya dengan dukungan semua pihak, visi Rakyat Lampung Timur Berjaya akan dapat diwujudkan,\" pungkas M.Dawam. (wid/yud).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: