Iklan Bos Aca Header Detail

KB Implant, Sudah 18.000-an Pasang

KB Implant, Sudah 18.000-an Pasang

radarlampung.co.id. - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Lampung Tengah menyatakan sudah ada sekitar 18.000 yang memasang implant baik lama maupun baru. Hal ini dikatakan Kepala DPPKB Lamteng Eduart Hartono.

\"Sudah ada 18.000-an yang pasang implant, baik lama maupun baru. Implant lama ini karena sudah berjalan tiga tahun. Ini upaya kita menekan laju pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk di Lamteng 1,2 persen,\" katanya.

Eduart merinci,  ada sekitar 340.000 pasangan usia subur di Lamteng. \"Pasangan usia subur di Lamteng ada sekitar 340.00. Sebanyak 228.000-an ikut KB. Selisih ini yang kita upayakan ikut KB,\" ujarnya.

Banyaknya pasangan usia subur tidak ikut KB, kata Eduart, banyak alasannya. \"Banyak alasannya. Yakni ingin segera punya anak atau hamil dan belum ketemu sarana pelayanan yang tepat. Inilah tugas kita,\" ungkapnya.

Cara KB yang paling banyak, kata Eduart, adalah suntik. \"Banyakan suntik dibandingkan implant. Ya, ini karena implant tak mudah dan biayanya mahal bisa Rp500.000. Kalau KB meminum pil tak maksimal karena sering lupa. Makanya kita gratiskan pemasangan implant. Sebab, implant ini cara efektif mengendalikan pertumbuhan penduduk,\" tegasnya. (sya/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: