Keliling Empat Kecamatan, Bunda Dewi Berikan Bantuan Bedah Rumah

Keliling Empat Kecamatan, Bunda Dewi Berikan Bantuan Bedah Rumah

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani keliling ke Kecamatan Kotaagung, Kotaagung Barat, Semaka dan Bandarnegeri Semuong. Dalam kunjungannya, ia menyerahkan secara simbolis bantuan bedah rumah sebanyak 16 unit.

Dewi Handajani juga memberikan tali asih kepada tuna netra serta mengunjungi lokasi pengolahan ikan asin.

Dalam kesempatan tersebut, Dewi Handajani menyampaikan, bantuan bedah rumah merupakan salah satu dari 55 program aksi Desa Asik yang diberikan melalui Dinas PUPR Tanggamus.

\"Pada hari ini, ada 16 rumah yang diberikan bantuan. Semoga bisa membantu masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni menjadi layak dan menempati rumah tersebut nyaman,\" kata Dewi.

Bunda Dewi--sapaan akrab bupati juga mengharapkan agar masyarakat terus mendukung program-program pemerintah dalam berbagai bidang.

Menyikapi pandemi virus Corona, bupati mengajak seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, menerapkan 5 M, serta sama-sama meningkatkan kepedulian, baik di lingkungan maupun masyarakat yang lebih luas.

\"Karena kita tidak tahu situasi saat ini. Bisa saja semakin hari semakin bertambah kasus. Apa lagi sekarang sudah ada virus Corona yang bermutasi B16, B17. Ini yang harus kita waspadai,\" tegas Ketua Satgas Covid-19 Tanggamus ini.

Ia juga mengimbau dan mengajak satgas Covid-19 tingkat kecamatan sampai pekon untuk lebih meningkatkan kewaspadaan kita.

Dalam kegiatan tersebut, bupati dan rombongan meninjau kediaman Daiman di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka.

Bupati memberikan tali asih kepada Daiman yang tengah menderita penyakit epilepsi. Ia berharap yang bersangkutan senantiasa diberikan kesehatan, dan sembuh dari penyakitnya.

Sementara Kabid Pemukiman dan Perumahan Rakyat Dinas PUPR Tanggamus Ari Yudha menjelaskan, program bedah rumah hasil dari usulan masyarakat didasari kondisi rumah yang dihuninya.

\"Total tahun ini, ada 282 rumah yang mendapat bantuan. Kami berikan secara bertahap,\" kata Yudha.

Ia menambahkan, teknis realisasi bantuan tersebut adalah Rp15 juta untuk belanja material bangunan dan Rp2,5 juta biaya pembangunan rumahnya (tukang), dipotong pajak.

Teknis lainnya, penerima menunjuk toko bangunan yang dipilih untuk belanja bahan bangunan. Selanjutnya Dinas PUPR Tanggamus mentransfer uang ke toko bangunan tersebut dengan batas nominal untuk keperluan bahan bangunan.

\"Jadi uangnya nanti langsung ditransfer ke toko bangunan yang menyuplai bahan bangunan bagi sasaran yang dapat program bedah rumah. Pola seperti itu lebih menjamin program terlaksana dan tepat sasaran. Sebab uang yang diberikan langsung berbentuk bahan dan akhirnya itu digunakan untuk membuat rumah tidak untuk keperluan lain,\" urainya.

Dilanjutkan, sampai saat pihaknya sudah menerima usulan sebanyak 12 ribu rumah tidak layak huni. Nantinya bantuan diberikan bertahap dan prioritas yang sangat membutuhkan.

Sementara, kegiatan tersebut diikuti Kabag Protokol Rien Devile Abdul Kadir, Kabag Kesra Arpin, Ketua BAZNAS, Camat Kotaagung Barat, Camat Semaka, Camat Bandarnegeri Semuong, Uspika, Kepala KUPT Puskesmas Semaka, anggota DPRD Tanggamus Fraksi PDIP Jimmi, Kepala Pekon Tanjungagung, Kepala Pekon Sudimoro Induk, Kepala Pekon Sanggi dan tokoh masyarakat. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: