Iklan Bos Aca Header Detail

KKP Bakal Bantu Pemasaran Garam Pulau Legundi

KKP Bakal Bantu Pemasaran Garam Pulau Legundi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Produksi garam Koperasi Terang dan Garam Indonesia (Tegarindo) yang berlokasi di Desa Pulau Legundi, Kecamatan Punduhpedada, Pesawaran menarik perhatian Ketua Komisi IV DPR RI Sudin serta Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pamuji Lestari.

Didampingi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Sudin bersama Pamuji Lestari dan rombongan melihat secara langsung produksi pembuatan garam tersebut.

\"Tujuan kunjungan saya ke sini untuk mendengarkan segala kebutuhan masyarakat Pulau Legundi dalam memproduksi garam. Untuk itu, saya sengaja membawa ibu Dirjen PRL ke Pulau Legundi, agar dapat melihat seberapa besarnya potensi yang dimiliki Pesawaran. Khususnya Pulau Legundi dalam menghasilkan garam,\" kata Sudin, Selasa (19/10).

Ditambahkan Pamuji Lestari, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki pulau terluar di Indonesia. Salah satunya Pulau Legundi.

\"Pulau ini memiliki lokasi yang strategis. Jujur, saya juga baru tahu kalau Pesawaran, Lampung, khususnya Pulau Legundi, memiliki produksi garam yang sangat baik. Nantinya akan kami bantu untuk pemasarannya. Semoga produksi garam ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sini,\" ucapnya.

Produksi garam di Pulau Legundi lanjutnya, dapat dijadikan sebagai wisata edukasi bagi masyarakat. Karena tidak semua masyarakat Indonesia mengetahui proses pembuatan garam.

\"Kalau untuk wisata bawah air, tentu Pulau Legundi kalah indah dengan Pahawang. Kebetulan saya sudah pernah ke sana dan Pahawang memiliki pemandangan bawah air yang indah. Tetapi Pulau Legundi bisa menjadi desa yang memiliki wisata edukasi dalam pembuatan garam. Tentu ini menjadi hal yang baru,\" ujarnya.

Sementara Bupati Dendi Ramadhona mengatakan, Legundi merupakan pulau terluar yang ada di Pesawaran. Di mana, jarak yang harus ditempuh oleh masyarakat untuk ke darat cukup jauh dan mengharuskan memiliki cara lain untuk menjaga perekonomiannya.

\"Dengan status pulau terluar di Pesawaran, mau tidak mau masyarakat dituntut untuk lebih produktif dalam menjaga perekonomian rumah tangganya. Saya bersyukur dengan inovasi dan produktifitas yang mereka miliki, akhirnya dapat memproduksi garam industri yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,\" kata Dendi.

Dendi menambahkan, kunjungan yang dilakukan oleh Ketua Komisi IV DPR-RI dan Dirjen PRL KKP dapat membantu masyarakat dalam pemasaran produksi garam yang dimiliki oleh Pulau Legundi.

\"Selain itu, saya berharap adanya bantuan yang dapat diberikan kepada kami. Salah satunya pembangunan dermaga,\" tandasnya. (esn/ozi/ais)

Kunjungan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin serta Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementrian Kelauatan dan Perikanan (KKP) Pamuji Lestari ke lokasi pengolahan garam di Pulau Legundi. FOTO EDY SUSANTO/RADARLAMPUNG.CO.ID

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: