Tak Lolos Seleksi, Balon Kapekon Ngadu ke DPRD

Tak Lolos Seleksi, Balon Kapekon Ngadu ke DPRD

radarlampung.co.id – Bakal calon kepala pekon (kapekon) yang dinyatakan tidak lolos mengadu ke panitia khusus (Pansus) Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon)  DPRD Tanggamus, Senin (9/3). Mereka diterima Ketua Pansus Pilkakon Yoyok Sulistyo, Wakil Ketua Hasmal Yadi, Sekretaris Iflah Haza dan anggota pansus.

Dalam rapat dengar pendapat tersebut, salah seorang bakal calon Kapekon Sinarbangun, Kecamatan Bandarnegeri Semuong Muh. Yasin mempertanyakan pengumuman atau keputusan yang dikeluarkan oleh Universitas Lampung. Sebab dinilai tidak etis dan tidak relevan.

Sementara Putra Wali, bakal calon Kapekon Sidomulyo, Kecamatan Airnaningan mempertanyakan penarikan uang untuk pemberkasan saat seleksi CAT di Unila. \"Saya dan balon kapekon lain diminta sejumlah uang tanpa  kuitansi,\" ujarnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Pansus Yoyok Sulistyo mengatakan, pertemuan tersebut untuk mendengarkan saran,  keluhan dan masukan dari balon kapekon yang dinyatakan gugur saat seleksi CAT dan pemberkasan.

\"Keluhan yang disampaikan beragam. Mulai dari tidak jelasnya mekanisme penilaian, batasan nilai, pemberkasan, dan kriteria-kriteria lainnya yang dinilai tidak adil. Ini dinilai merugikan pihak-pihak yang gagal dalam seleksi calon kepala pekon,\" kata Yoyok.

Menurut dia, agar permasalahan ini menjadi terang, Pansus Pilkakon bakal mengundang bagian Tapem dan Bagian Hukum untuk membahas persoalan yang disampaikan balon kapekon yang tidak lolos.

”Kami akan mengundang Tapem. Sudah disampaikan. Mereka (Bagian Tapem, Red) sedang menyiapkan berkas yang mau dibawa untuk bahan hearing,” ujarnya. Sementara, hearing dengan Bagian Tapem masihberlangsung hingga sore. (ral/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: