Iklan Bos Aca Header Detail

Tanggap Darurat Bencana untuk Tiga Pekon di Semaka

Tanggap Darurat Bencana untuk Tiga Pekon di Semaka

radarlampung.co.id - Pemkab Tanggamus mengambil langkah cepat untuk menangani banjir diĀ  Kecamatan Semaka. Bantuan berupa makanan siap saji disalurkan sejak Kamis malam (10/1).

Tanggap darurat bencana ditetapkan pada tiga pekon yang terdampak banjir dan longsor paling barat. Yakni Pekon Pardawaras, Sedayu dan Waykerap. Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis mengatakan, tahap awal, ada 66 paket makanan yang disalurkan. \"Hari ini kembali disalurkan sekitar 200 paket dan pakaian untuk warga yang terkena banjir,\" kata Hamid di Posko Bencana, Jumat (10/1).

Selain makanan siap saji, terus Hamid, dua alat berat juga diturunkan untuk membersihkan material longsor yang menutupi jalan lintas barat (Jalinbar). \"Hari ini masih dalam perjalanan. Pengiriman dua alat berat dari P2JN yang akan ikut membantu membersihkan material longsor,\" urainya.

Sementara, posko kesehatan dan dapur umum didirikan pada wilayah terdampak banjir. Warga yang sakit, bisa berobat gratis di posko.

Pemkab Tanggamus juga menurunkan tiga mobil pemadam kebakaran untuk membantu membersihkan material longsor. \"Sementara, tidak ada korbanĀ  jiwa dalam peristiwa banjir akibat jebolnya tanggul sungai di Way Kerap dan longsor di Sedayu serta Pardawaras,\" urainya.

Berdasar pendataan, lahan pertanian yang terendam mencapai 300 hektare. Kemudian tanggul jebol segera diperbaiki dan normalisasi. \"Targetnya Jalinbar terbuka sore ini. Paling lambat Sabtu,\" tandasnya.

Sementara Kapolres Tanggamus AKBP Hesmi Baroto mengungkapkan, sebanyak 120 personel diturunkan untuk membantu penanganan banjir. Tinjauan ke lokasi banjir juga diikuti Karo Ops Polda Lampung Kombes M. Sagi dan Asisten I Setprov Lampung. (ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: