Iklan Bos Aca Header Detail

Target 131 Pekon di Lambar Capai ODF Tahun Depan

Target 131 Pekon di Lambar Capai ODF Tahun Depan

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebayak 131 pekon di Lampung Barat ditargetkan 100 persen mencapai open defecation free (ODF) pada tahun anggaran 2021 mendatang.

Dinas Kesehatan (Diskes) setempat optimistis akan tercapai. Terlebih dukungan semua pihak sangat tinggi dalam upaya tersebut. Kepala Diskes Lambar Paijo mengatakan, tahun ini sudah dilakukan verifikasi oleh Diskes Lampung. Di mana, sebanyak 60 pekon yang maju lolos untuk ODF. Sebelumnya ada 10 pekon yang mendapat status tersebut. ”Ada 64 pekon yang belum ODF. Target kami, sesuai RPJMD, semua pekon harus ODF pada 2021 mendatang. Hal ini penting untuk mengikuti Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award pada Juni tahun depan,\" kata Paijo.

Dijelaskan, ODF merupakan salah satu upaya strategi penurunan stunting. Di mana, angka stunting Lambar berdasar survei pemantauan status gizi sebesar 37,3 persen pada 2018.

Kemudian 32,96 persen pada 2019 dan turun 22,23 persen. Saat ini angka stunting di Lambar tinggal 11,9 persen. Jika dibandingkan dengan strategi nasional, maka kabupaten itu jauh lebih baik kondisi anak balita. ”Semoga dengan berbagai upaya yang kita lakukan, angka stunting di Lambar bisa nol. Bahkan saat ini ada beberapa pekon yang sudah nol stunting. Ada juga yang hanya di bawah lima dan kita berikan penghargaan peratinnya,” urainya. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: