Iklan Bos Aca Header Detail

Tekan Angka Pengangguran dengan PBK

Tekan Angka Pengangguran dengan PBK

Radarlampung.co.id - Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) melalui pelatihan boarding yang diberikan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan turut andil dalam menekan angka pengangguran di Kabupaten Tubaba melalui

Sebab, sejak 2018 lalu puluhan warga usia kerja di kabupaten setempat telah mengikuti pelatihan yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tubaba tersebut. Hasilnya, dengan modal sertifikat keahlian yang diterima setelah lulus dalam pelatihan tersebut mengantarkan sebagian peserta PKB mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, mereka juga bisa membuka usaha sendiri dengan kemampuan yang telah dimilikinya setelah mengikuti pelatihan. Salah satunya adalah Saidi, warga RK 1 RT 5 Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah yang mendapat panggilan kerja dari PT ZMG Telekomunikasi Jakarta, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi.

Kepada radarlampung.co.id, Saidi, mengaku bahwa manfaat pelatihan itu sangat besar sekali, karena bisa memiliki keahlian sesuai bidang yang diikuti.

“Bahkan saya tidak menyangka setelah mengikuti pelatihan itu dan dinyatakan lulus serta mendapatkan sertifikat, malah dapat panggilan kerja dari perusahaan tersebut. Mereka langsung yang mendatangi BBPLK untuk merekrut tenaga kerja, dan Alhamdulillah dari Lampung saya yang sudah mendapat panggilan,” ungkapnya.

Diketahui, ada 18 peserta asal Tubaba yang mengikuti pelatiham boarding di BBPLK-Bekasi tersebut. Terdiri dari program pelatihan TIK/Perakitan Komputer 4 orang, Elektronika/Teknisi Handphone 2 orang, Elektronika/Audio Video 4 orang, dan Elektronika / Teknik Instalasi V Sat sebanyak 8 orang. Pelatihan ini gratis dengan fasilitas transportasi PP, asrama, makan dan minum, pakaian kerja, asuransi, sertifikat pelatihan dan sertifikat dari BNSP. (fei/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: