Iklan Bos Aca Header Detail

Ayo, Ciptakan Kamseltibcarlantas Sendiri!

Ayo, Ciptakan Kamseltibcarlantas Sendiri!

radarlampung.co.id - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pesawaran melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Krakatau 2019 di lapangan mapolres, Senin (6/5). Kegiatan dilaksanakan paska pemilu  2019 dan cipta kondisi menjelang Ramadhan 1440 Hijriah.

Kapolres Pesawaran AKBP Popon A.S saat membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri  mengatakan, apel gelar pasukan bertujuan mengetahui sejauh mana kesiapan dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Krakatau 2019.

Ada empat poin penting pada UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam mewujudkan serta memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). Yakni meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; membangun budaya tertib berlalu lintas; meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik; dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

\"Empat poin ini merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani sendiri oleh Polantas. Sinergitas antarpemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya diterima serta dijalankan oleh semua pihak,\" tegas Popon.

Dilanjutkan, dalam melaksanakan amanat undang-undang, polisi lalu lintas memiliki beberapa fungsi. Yaitu edukasi, engineering (rekayasa), enforcement (penegakan hukum), identifikasi dan registrasi pengemudi dan kendaraan bermotor.

\"Selanjutnya pusat K3I (komunikasi, koordinasi, dan kendali serta informasi). Koordinator pemangku kepentingan lainnya, memberikan rekomendasi dampak lalu lintas dan Korwas PPNS,\" urainya.

Delapan hal tersebut diimplementasikan pada fungsi-fungsi polantas. Mencermati hal ini, diharapkan jajaran Korlantas Polri mampu menyiapkan langkah–langkah antisipasi. Baik secara taktis dan teknis maupun strategis agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat kepada peraturan lalu lintas serta mampu menciptakan kamseltibcarlantas sendiri.

\"Dengan begitu, potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir,\" tukasnya. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: