Ayo, Ikuti PIT PDUI Sumsel

Ayo, Ikuti PIT PDUI Sumsel

200 Pendaftar Pertama Dapat Tumbler


RADARLAMPUNG.CO.ID - Anda dokter umum? Ayo daftarkan diri dan ikuti Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang digelar Persatuan Dokter Umum lndonesia (PDUI) Sumsel. Kegiatan ini bekerja sama dengan Harian pagi Sumatera Ekspres (Grup Radar Lampung). Acara akan dilaksanakan di Hotel Aryaduta Palembang, 7-8 Maret mendatang.

Ketua PDUI Sumsel dr. Masagus M. Hakim, M.Kes. mengatakan, pendaftaran peserta bisa dilakukan dua cara. Pertama, secara online via link http://bit.ly/daftarPDUIPalembang atau di link http://bit.ly/formPDUIPalembang.

Kedua secara manual dengan menghubungi panitia, dr. Haikal di nomor ponsel 081368901316, Dudun (081278999603), Iwan (081251716565), Sri Pertiwi (08127311645), dan Karsono (08127105635).

\"Untuk 200 pendaftar pertama akan mendapatkan tumbler menarik dan eklusif dari Ketua PDUI Sumsel,\" katanya saat rapat lanjutan persiapan PIT di Graha Pena (kantor Sumeks), kemarin (23/2).

Acara hari pertama (7/3) akan dibuka Gubernur Sumsel H. Herman Deru. “Beliau sekaligus menjadi keynote speaker untuk menyampaikan peran Pemda dalam meningkatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama,” bebernya.

Kegiatan hari kedua, diawali dengan subuh berjamaah dan gotong royong bersama Wali Kota Palembang H. Harnojoyo. \"Di lokasi gotong royong akan ada pemeriksaan kesehatan gratis, seperti pemeriksaan kolestrol, hipertensi dan sebagainya. Juga ada penanaman pohon. Ini dalam rangka PDUI peduli terhadap lingkungan, juga kesehatan masyarakat,\" ungkap dr. Hakim.

Kegiatan PIT dua hari itu akan diisi dengan simposium yang terakdretasi IDI dengan nilai 16 Satuan Kredit Point (SKP) dan workshop dengan 26 SKP. \"Kegiatan ini juga untuk update keilmuan dokter umum di Sumsel dan dan sekitarnya,” imbuhnya. 

Ketua panitia PIT PDUI Sumsel dr. Haikal megatakan, simposium dan workshop setidaknya menghadirkan 20 narasumber. Materi yang dipaparkan oleh pembicara beragam. Mulai dari kebijakan pemerintah, perlindungan hukum, serta upgrade ilmu dari narasumber para dokter ahli dari berbagai bidang.

Untuk narasumber nasional seperti Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M.Kes. yang menyampaikan materi “Strategi BPJS Kesehatan melaksanakan amanat UU SJSN”. Lalu, Ketua PB IDI dr. Daeng M Faqih SH MH menyampaikan materi “Peran PB IDI dalam Perlindungan Hukum terhadap Dokter Umum”. 

Kemudian Ketua PP PDUI dr. Abraham AP Patarai MKes dengan materi “Penguatan Kompetensi Dokter Umum” dan Wakil PB IDI dr. M. Adib Khumaidi, Sp.OT menyampaikan tentang “Peluang dan Tantangan Dokter Umum”.

Ada juga Ketua IDI Sumsel dr. Rizal Sanif SpOG (K) yang bakal memberikan materi tentang “Deteksi Dini dalam Kedaruratan Kehamilan”.

Simposium juga diramaikan dokter-dokter ahli lain. Seperti spesilias anak dr. Yulius, Sp.A(K) yang menyampaikan materi “Diagnosis dan Tatalaksana Stunting”, spesilis THT-K dr. Yoan Levia Magdi, Sp.THT-KL (K) menyampaikan tentang “Kegawatdaruratan THT-KL”.

Kemudian, spesialis bedah dr. Abda Arif, SpBP-RE bakal memberikan materi “Penatalaksanaan Luka ”, dr. Ratih Krisna, Sp.OG. (K) dengan materi “Disfungsi Sexual Pada Wanita dan Penatalaksanaan\".

Kemudian Ketua IDI Cabang Palembang sekaligus dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal-hipertensi, Dr. dr. Zulkhair Ali SpPD K-GH FINASIM akan menyampaikan materu “Update Management of Hipertention”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: