Lagi, Dua Mahasiswa UBL Bakal Berkompetisi di Level Internasional

Lagi, Dua Mahasiswa UBL Bakal Berkompetisi di Level Internasional

Radarlampung.co.id - Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi level internasional. 

Monica Lusiana dan Miranda Febliya Hanan, mahasiswa semester VII Program Studi (Prodi) Arsitektur tersebut tengah menempuh University of Kitakyushu Student Exchange Research Program (UKSERP) 2019 di Jepang.

Selain mengikuti proses perkuliahan selama 6 bulan, mereka juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Kompetisi Desain Mahasiswa Internasional AILCD ke IX yang diadakan oleh Asian Institute of Low Carbon Design (AILCD). Kegiataannya akan mulai dibuka November 2019 sampai Maret 2020 dengan mengusung tema “ Less is MOji-REboot The City. 

“Untuk perkuliahan ajaran baru akan dimulai bulan Oktober nanti, namun saat ini kami tengah melakukan penelitian untuk membuat paper individu untuk  mengikuti kompetisi AILCD. Paper yang saya buat tentang Pendestrian Ways, sedangkan Miranda tentang Thermal di Taman,” kata Monica, Senin (23/9) 

AILCD adalah organisasi berbasis akademik nirlaba yang dibuat sebagai jaringan mahasiswa, peneliti, dan universitas, terutamananya di Asia untuk meningkatkan pengetahuan terkait bidang studi atau pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan. Program yang diprakarsai Universitas Kitakyushu Jepang itu untuk membahas masalah penyusutan perkotaan di daerah Mojiko di Kitakyushu. 

Kompetisi ini meminta peserta untuk mendesain ulang lanskap kota dan membuat proposal untuk proyek perkotaan rendah karbon di daerah itu.

“Kegiatan ini akan banyak sekali rangkaiannya, termasuk Conference dan Workshop. Untuk yang sayembara desain saat ini masih sampai pada tahap analisis. Kami berdua terpisah ke dalam kelompok masing-masing berdasarkan undian,  jadi di dalam satu tim terdiri dari berbagai negara ada yang dari Taiwan, Cina, dan negara lain. Kami berusaha sebaik mungkin dalam melakukan proses penelitian ini agar kembali mampu membawa nama UBL sebagai Juara,” tandas Monica. (gie/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: