Iklan Bos Aca Header Detail

Tim Itera Juara Inovasi Sanitasi Internasional

Tim Itera Juara Inovasi Sanitasi Internasional

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) berhasil meraih prestasi dalam ajang kompetisi inovasi bidang sanitasi tingkat internasional atau Internasional 2nd Annual SanTech Hackathon bertajuk Innovating in safely managed sanitation solutions for flood-prone & high-water table areas.

Mereka adalah Moh. Fachry Ade Akbar, Rani Permatasuri dan Gita Wulan Septiyani Pratiwi dari program studi Teknik Lingkungan.

Dalam kompetisi yang diadakan oleh organisasi internasional Finish Mondial tersebut, tim Itera berhasil meraih juara ke-3 dan bertanding dengan beberapa negara seperti India, Netherland dan lainnya.

Fachry dan tim sebelumnya merupakan satu dari lima kandidat yang mempelopori sistem sanitasi air limbah untuk daerah pedesaan.

Dilatarbelakangi sejumlah wilayah pesisir dengan sanitasi tidak memadai, dan perekonomian yang tidak mencukupi. Akibatnya daya dukung untuk kehidupan yang sehat dan bersih sangat minim. Ini berpotensi mencemari badan air, kesehatan masyarakat dan lingkungan.

\"Oleh karena itu, kami menuangkan sebuah inovasi dalam perwujudan tangki septik yang cukup terjangkau, ramah lingkungan dan perawatan mudah. Tujuannya untuk meningkatkan sanitasi dan kehidupan masyarakat pesisir ke tingkat yang lebih baik,” kata Moh. Fachry Ade Akbar.

Dalam persiapan, banyak pihak yang turut membimbing hingga tim berhasil mempresentasikan bahan dengan baik.

\"Kami tidak pernah berfikir bisa melaju kelima besar. Alhamdulillah kami bisa mencapai target itu. Pastinya masuk lima besar di kancah internasional sudah sangat bangga sekali dan kami tidak menyangka,\" ujarnya.

Dilanjutkan, semangat berkompetisi muncul setelah melihat lawan yang lebih profesional dan berpengalaman. Hal tersebut sempat membuat tim ragu, apakah bisa menjadi pemenang.

“Tentunya ini menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan dan sangat membanggakan diri sendiri serta prodi, bahkan kampus” tandasnya. (rls/mel/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: