Launching BPNT di Tanggamus, Wabup Serahkan KKS

Launching BPNT di Tanggamus, Wabup Serahkan KKS

radarlampung.co.id - Program bantuan pangan non tunai (BPNT) dan elektronik warung gotong-royong (e-Warong) di Tanggamus resmi di-launching, Selasa (9/7). Acara yang berlangsung di Jalan Dwi Tunggal, RT. 01, Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung ini ditandai dengan pemberian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) oleh Wakil Bupati AM. Syafi\'i. Kartu tersebut digunakan untuk mencairkan bantuan dalam bentuk bahan pangan berupa beras dan telur.

Turut mendampingi Asisten Bidang Ekobang FB Karjiyono, Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, Kepala Dinas Sosial Mairosa, Kabagops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin dan para camat.

Plt. Kepala Dissos Tanggamus Mairosa dalam laporannya mengatakan, penerima bantuan adalah keluarga penerima manfaat (KPM)  yang merupakan masyarakat berpenghasilan rendah. \"Ada 41.518 KPM di Tanggamus. Data tersebut berasal dari basis data terpadu (BDT),\"  kata Mairosa dalam laporannya.

Mairosa menuturkan, tujuan BPNT  adalah mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemberian bantuan sosial berupa beras delapan kilogram dan tujuh butir telur. \"Adapun manfaatnya antara lain, mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, peningkatan akses pangan secara fisik yakni beras dan telur, stabilitasi harga beras dipasaran dan membantu pertumbuhan ekonomi daerah,\" urainya.

Sementara, Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi\'i dalam sambutannya mengatakan, BPNT merupakan transformasi dari bantuan pangan sebelumnya yakni beras sejahtera (rastra). Kali ini bantuan ditransfer ke rekening masing-masing KPM dan dapat diambil setiap tanggal 25 per bulan pada 149 e-Warong yang tersebar di 20 kecamatan.

\"Uang yang ditransfer Rp110 ribu. Dana tersebut dapat ditukar dengan kebutuhan pokok berupa beras dan telur di warung mitra yang telah ditunjuk (e-Warong, Red),\" kata Syafii.

Dilanjutkan, program BPNT adalah untuk meningkatkan ketepatan kelompok sasaran dan memberikan gizi yang lebih seimbang. \"Dalam jangka panjang, penyaluran BPNT diharapkan berdampak  bagi peningkatan kesejahteraan dan kemampuan ekonomi penerima manfaat,\" pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain menyerahkan KKS bagi KPM, wakil bupati juga memberikan bantuan secara simbolis kepada e-Warong berupa troli, timbangan digital dan alat pres. \"Bantuan bagi e-Warong diserahkan secara bertahap. Saya juga ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu pelaksanaan program ini,\" kata dia. (ral/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: