Iklan Bos Aca Header Detail

Lebah Madu Suhita Diusulkan jadi Brilianpreneur 2022

Lebah Madu Suhita Diusulkan jadi Brilianpreneur 2022

Radarlampung.co.id - Usaha UMKM lebah madu yang berkembang pesat, membuat BRI RO Bandarlampung mengusulkan Suhita Bee Farm (Lebah Madu Suhita) sebagai Brilianpreneur 2022.

Dipilihnya Suhita Bee Farm untuk mewakili provinsi Lampung, bukan tanpa dasar. Sebab, usaha lebah madu asli organic ini sudah ditelusuri kemurniannya.

Bahkan, pembinaan terus dilakukan secara berkala oleh BRI RO Bandarlampung. Mulai dari produksi, pengolahan hingga pemasarannya. Sehingga, BRI RO Bandarlampung menilai Suhita Bee Farm layak masuk dalam pasar Internasional.

Pemilik Lebah Madu Suhita, Isnina membenarkan dirinya telah diajukan oleh BRI RO Bandarlampung mewakili Provinsi Lampung sebagai Brilianpreneur 2022.

\"Iya mas, waktu itu pihak BRI memberi tahu ke kami kalau lebah madu Suhita diusulkan menjadi Brilianpreneur 2022,\" Ungkap Isnina.

Isnina mengaku bangga UMKM nya diusulkan menjadi Brilianpreneur 2022. Sehingga, dirinya telah siap bersaing di pasar internasional.

\"Dorongan BRI menjadikan usaha kami naik kelas di pasar internasional cukup baik. Mereka membina kami dari awal produksi hingga pemasaran. Pengemasan madunya pun telah diperhatikan secara detail,\" Ucapnya.

Untuk pengemasan sekaligus memasarkan produk lebah madunya, UMKM Suhita Bee Farm berada di Jalan Purnawirawan 1 Langkapura Bandarlampung. Lokasi itu merupakan tempat tinggalnya.

Pantauan radarlampung.co.id, lokasi UMKM tempat menjual produk lebah madunya dipajang di ruang samping rumahnya. Berbagai macam jenis lebah madu yang dijual.

Untuk pengemasan lebah madu, Isnina memprosesnya di lantai 2 rumahnya. Ia menjelaskan, saat madu datang dari peternakan, terlebih dahulu ditimbang dan dicatat asal-usulnya.

\"Ini kami lakukan, agar jelas dari mana madu itu, siapa yang memanen dan jenis lebahnya,\" Ucapnya.

Kemudian, madu tersebut dimasukkan ke ruang Dehum yang merupakan tempat menurunkan kadar air yang ada didalam madu.

\"Madu yang sudah masuk ke ruang Dehum, akan dikemas dan dimasukkan kedalam botol. Nah, sebelum dimasukkan kedalam botol, kami juga mencuci botol-botol itu supaya bersih. Jadi, tidak hanya madunya saja yang higienis, Botolnya pun harus higienis. Kami selalu menjaga kemurnian dan keaslian madu,\" Ujarnya.

Proses dehumidifikasi ini adalah proses pengurangan kadar air tanpa pemanasan, sehingga nutrisi tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan akibat fermentasi.

Setelah madu itu dikemas dalam botol, Isnina siap memasarkan produknya. Permintaan lebah madu Suhita banyak yang minat. Bahkan, dalam sejak pandemi melanda, wanita berjilbab ini mengaku memiliki omset dalam satu bulan sekitar Rp75 juta.

Selain menjual madu, Isnina juga mengedukasi lebah madu murni asli organik. \"Saya selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat seperti apa madu asli itu. Supaya mereka tidak terjebak dalam mengkonsumsi madu,\" Katanya. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: