Tingkatkan SDM Melalui Pelatihan BUMDes

Tingkatkan SDM Melalui Pelatihan BUMDes

Radarlampung.co.id - Bupati Mesuji Saply membuka pelatihan keterampilan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Mesuji di Balai Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang pematang, Selasa (8/9).

Dia mengatakan, BUMDes merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparansi, akuntabel, dan berkelanjutan.

Untuk itu, Saply menekankan perlunya upaya serius semua pihak, agar pengelolaannya dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien, dan profesional dengan sistem manajemen yang baik, didukung pengelola yang harus memiliki pengetahuan dan keterampilan manajemen yang baik pula.

“Sebagaimana diamanatkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka desa diberi kewenangan untuk mendirikan BUMDes. Hal ini juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran BUMDes,” jelasnya.

Saply menyambut baik dengan dilaksanakannya pelatihan, sebagai bentuk komitmen Pemkab Mesuji untuk terus melakukan pembinaan, evaluasi, dan memberikan fasilitasi secara berkesinambungan, sehingga kualitas manajemen dan sumber daya manusia pengelola BUMDes semakin baik ke depan.

Selain itu, pihaknya juga akan terus mendorong pembentukan usaha ekonomi baru yang berakar dari sumber daya lokal melalui optimalisasi kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat desa yang telah ada.

“Saya berharap agar pelatihan ini bukan sekadar formalitas, namun merupakan kesempatan bagi kita semua untuk menambah wawasan dan kapasitas diri guna mencapai pengelolaan BUMDes yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat,”katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sunardi menambahkan, pelatihan Bumdes ini untuk meningkatkan kapasitas perekonomian di desa masing-masing.(muk/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: