Iklan Bos Aca Header Detail

Baru 150 Pekon Serahkan LPj. BLT-DD

Baru 150 Pekon Serahkan LPj. BLT-DD

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dari 299 pekon di Tanggamus, baru 150 yang telah menyerahkan laporan realisasi penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahun 2020.

Kabid Pembangunan dan Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyatakat Desa (PMD) Syafruddin mengatakan, pihaknya masih menunggu 149 pekon lagi yang belum menyerahkan.

Hal itu penting untuk melihat apakah BLT-DD benar benar direalisasikan. \"Sebab itu juga merupakan skala prioritas penggunaan dana desa di masa pandemi,\" kata Syafruddin mewakili Plt. Kadis PMD Fathurrahman.

Menurut Syafruddin, rata-rata pekon belum menyerahkan LPj. BLT-DD untuk pembagian pada tiga bulan terakhir. Yakni Oktober, November dan Desember.

Ada LPj. yang belum dibuat, sedang proses dan permasalahan lain. Seperti transisi antara kepala pekon definitif ke penjabat (Pj.) Kepala pekon dan pergantian aparat pekon dibawahnya.

\"Kemudian, sekarang ini untuk pekon yang sudah pemilihan kepala pekon, ada kekhawatiran mereka akan diganti saat kepala pekon terpilih nanti menjabat. Mestinya tetap buat laporan, karena ada konsekuensinya,\" tegasnya.

Dilanjutkan, LPj. BLT-DD wajib diserahkan, karena akan diperiksa oleh Inspektorat Tanggamus dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Itu sebagai evaluasi pemerintah pusat yang serius membantu masyarakat saat pandemi Covid-19.

\"Kami telah berkoordinasi ke kecamatan, meminta supaya pekon cepat serahkan LPj. BLT-DD. Sebab pekon juga berada di bawah kecamatan untuk koordinasi. Apabila pekon tidak juga menyerahkan LPj. BLT-DD maka bisa direkomendasikan tahun ini tidak ada pencairan,\" tandasnya. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: