Tujuh Makanan untuk Hidup Sehat oleh dr. Zaidul Akbar

Tujuh Makanan untuk Hidup Sehat oleh dr. Zaidul Akbar

RADARLAMPUNG.CO.ID - Saat ini makan-makanan sehat banyak sekali dicari oleh orang-orang. Apalagi saat ini masa pandemi Covid-19 pun belum berakhir. Nah di masa-masa pandemi Covid-19 inilah banyak orang-orang yang mencari bahan-bahan makanan mengandung bagi kesehatan tubuh. Makanan mengandung kesehatan bagi tubuh itu juga pun sangat penting. Jadi semakin sehat makanan yang kita konsumsi dan cerna, semakin bagus juga untuk tubuh kita, pun aktifitas yang akan kita jalankan nanti. Dari itu, ada saran-saran makanan sehat yang pantas dikomsumsi bagi kita dari dr. Zaidul Akbar nih. Melalui channel Youtubenya, dr. Zaidul Akbardr memberikan saran ada tujuh makanan sehat yang perlu dikonsumsi bagi tubuh kita untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Madu

Madu merupakan suplemen yang harus anda list dalam daftar makanan dikonsumsi setiap hari. Karena banyak sekali kandungan-kandungan yang bermanfaat didalam madu. Seperti bisa menjadi makanan yang ampuh menyehatkan dan menyegarkan bagi tubuh kita. Nah, menurut dr. Zaidul Akbar ada beberapa tips juga untuk mencari madu yang sangat baik kandungannya. Seperti madu yang jelas sanadnya atau keasliannya, madu yang jelas proteinnya dan madu yang jelas tingkat kematangannya.

2. Kurma

Dalam penjelasan dr. Zaidul Akbar daripada setiap hari anda mengkonsumsi gorengan, cobalah kebiasaan itu diganti dengan memakan kurma. Karena kurma juga selain menjadi makanan wajib ketika bulan Ramadhan, pun bisa dijadikan camilan-camilan yang baik dikonsumsi setiap hari

3. Rempah

Di Indonesia tentunya tidak akan sulit mencari rempah-rempah untuk dijadikan konsumsi makanan sehat bagi tubuh kita. Menurut dr. Zaidul Akbar contoh rempah-rempah yang banyak dikonsumsi itu seperti kayu manis, cengkeh dan pala. Rempah-rempah pun bisa dikonsumsi dan dicampurkan dengan ketika anda hendak minum teh. Dalam penjelasannya, dr. Zaidul Akbar menjelaskan apabila teh sachet itu pun tidak baik dikonsumsi. Tetapi juga kalau anda ingin minum teh sachetan coba dimasukan juga rempah. Nah untuk pemanisnya sendiri jangan pakai gula tetapi madu. Kalau tidak ada madu, pakai saja gula aren, gula singkong, ada juga gula kelapa dan lebih baik jangan pakai gula sekalian tehnya tawar. Karena kan kita tidak butuh gulanya, tapi kita butuh karbohidratnya.

4. Rimpang

Apa itu rimpang? Pasti bagi kalangan muda mungkin sangat asing mendengar kata rimpang. Nah menurut dr. Zaidul Akbar, contoh rimpang itu adalah tanaman yang batangnya ada didalam tanah. Seperti jahe, kunyit, lengkuas dan temulawak.

5. Prebiotik

Yang dimaksud dengan prebiotik ini adalah seperti sayur maupun buah-buahan. Ya, karena prebiotik ini pun banyak juga ditemukan berbagai jenis-jenisnya. Seperti bombai, bawang putih, daun bawang, asparagus, pisang pun juga rumput laut.

6. Probiotik

Makanan probiotik menurut dr. Zaidul Akbar itu bisa dijelaskan seperti makanan yang di fermentasi begitu matang. Ambil lah contoh seperti tempe. Karena tempe pun banyak sekali manfaatnya.

7. Manggis dan Asam Amino

Dalam penjelasan dr. Zaidul Akbar, apabila diliha manggis itu pun ada bijinya. Pada umumnya bijinya itu kandungannya gizi sangat tinggi. Ya kalau makan manggis, makan dengan bijinya bahkan anda ingin memblender manggis ini bisa di blender sekalian dengan bijinya. Insya Allah bijinya ini pun tidak pahit. Karena bijinya menjadi penghangat tubuh kita. Manggis ini isinya tadi kulit luarnya pun bermanfaat sampai ke dalamnya itu pun makin banyak manfaatnya dan berharga. Selain manggis, di Indonesia juga ada kandungan asam amino yang terbaik yang Allah SWT ciptakan di negeri ini. Yang dia mengandung semua jenis komponen asam amino manusia yang Allah SWT lindungi dengan serat, Allah SWT lindungi dengan cangkang, Allah SWT lindungi dengan kulitnya yakni namanya apa itu, ya air kelapa. Nah, itulah tadi makanan-makanan yang wajib dikonsumsi sehari-hari menurut dr. Zaidul Akbar. (ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: