Iklan Bos Aca Header Detail

Masker Mulai Sulit Didapatkan di Lambar

Masker Mulai Sulit Didapatkan di Lambar

radarlampung.co.id – Mewabahnya virus Corona (Covid-19) membuat permintaan masker meningkat. Tidak terkecuali di Lampung Barat. Bahkan barang tersebut saat ini cukup sulit didapat.

Meskipun ada, harganya Rp10 ribu per buah. Pada saat normal, hanya Rp30 ribu per bungkus dengan isi lima buah. ”Sekarang susah nyari masker. Kalau ada, dijual  Rp10 ribu per masker. Itu juga saya nyari dari Pasar Liwa sampai Waymengaku. Sebelum ada virus Corona, lima buah masker hanya Rp25 ribu sampai Rp30 ribu,” kata Irwan, salah seorang warga Kecamatan Balikbukit.

Sementara Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Endiawan mewakili Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lambar Paijo memastikan stok masker untuk 15 puskesmas masih aman. Cukup hingga akhir tahun.

”Stok masker, sesuai rencana kebutuhan 2020 ada 335.100 masker biasa. Kemudian 1.180 masker jenis N95. Jadi kalau melihat stok yang tersedia, Insya Allah cukup,” kata Endiawan.

Meskipun terjadi krisis di pasaran, Endiawan memastikan tidak akan ada celah untuk melakukan penyalahgunaan masker di gudang Diskes. Sebab stok tersebut diperuntukkan tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

”Masker tersebut didistribusikan atas permintaan puskesmas. Kemudian dikontrol oleh Kepala UPT Instalasi Farmasi Kabupaten dan tercatat di kartu stok penerimaan serta pengeluaran,” urainya. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: