Bingung Tentukan Jurusan Kuliah, Siswa Sebaiknya Ikut Tes Minat dan Bakat

Bingung Tentukan Jurusan Kuliah, Siswa Sebaiknya Ikut Tes Minat dan Bakat

RADARLAMPUNG.CO.ID - Siswa yang lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sebaiknya mengikuti tes minat dan bakat.

Tujuannya untuk membantu memberikan gambaran terkait kemampuan seseorang pada bidang tertentu.

Psikolog klinis Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung Dra. Sri Astuti, Psi., mengatakan, siswa yang baru lulus masih tergolong dalam usia remaja.

Salah satunya ditandai masih adanya keinginan untuk mengikuti minat teman sebaya. Seperti memilih bidang pendidikan. Meskipun itu tidak sesuai dengan minat dan bakat yang bersangkutan.

\"Setiap orang memiliki potensi dan bakat yang bisa dikembangkan,\" kata Sri Astuti.

Terkait hal ini, bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, sebaiknya mengikuti tes bakat dan minat.

\"Ini bisa membantu lebih mengenali potensi yang ada pada dirinya,\" ujarnya.

Dilanjutkan, tes bakat dan minat membantu memberikan gambaran kemampuan seseorang pada bidang tertentu.

Kemudian dijadikan dasar untuk merencanakan serta membuat keputusan dalam memilih bidang pendidikan dan pekerjaan. Terkait hal ini, pemeriksaan bakat dan minat bisa dilakukan di Poliklinik Psikologi Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung.

Rangkaian tes dilaksanakan dengan menyelesaikan beberapa soal tes psikologi.

\"Hasil dari tes ini akan memberikan gambaran mengenai bakat dan minat dari siswa. Dengan begitu, siswa dapat langsung menentukan pilihan jurusan mana yang bisa diambil,\" papar Sri. (ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: