BKPSDM Targetkan Jabatan Kosong Terisi Bulan Ini

BKPSDM Targetkan Jabatan Kosong Terisi Bulan Ini

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sejumlah jabatan struktural di Pemkab Tanggamus saat ini masih kosong dan dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). Ditargetkan jabatan tersebut terisi bulan ini.

Jabatan kosong tersebut terdiri dari eselon II atau jabatan pimpinan tinggi Pratama (JPTP) dan eselon IV atau pengawas.

Kepala Bidang Pengembangan ASN Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanggamus Edwin Syah mengatakan, ada enam posisi JPTP yang dijabat pelaksana tugas hampir enam bulan. Terhitung sejak Januari hingga Juni 2021.

Sedangkan jabatan pengawas atau eselon IV sudah mulai mengalami kekosongan sejak Maret 2021 lalu.

\"Untuk JPTP yang masih kosong dan saat ini dijabat oleh Plt. ada dua OPD. Terdiri dari Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyatakat Desa (PMD),\" kata Edwin Syah mewakili Kepala BKPSDM Tanggamus Aan Derajat.

Lalu untuk pejabat eselon IV, jumlahnya 29 orang. Terdiri dari kasubbid, kasubbag dan kasi yang tersebar di sejumlah OPD hingga kecamatan.

Edwin menuturkan, penyebab kekosongan lantaran banyaknya pejabat yang pensiun dan ada beberapa OPD dengan nomenklatur baru.

\"Dengan adanya OPD baru, tentu harus ada perbup yang merupakan turunan dari perda. Untuk saat ini perbub-nya baru jadi,\" ujar Edwin.

Dilanjutkan, BKPSDM sebagai OPD teknis sudah melakukan upaya agar jabatan yang kosong segera terisi. Tergetnya bulan ini semua jabatan eselon IV yang kosong terisi.

\"Kami akan menyiapkan daftar nominatif berdasar data dari BKPSDM dan usulan kepala OPD yang bersangkutan. Daftar tersebut nantinya akan dievaluasi oleh tim penilai kinerja yang diketuai sekda. Selanjutnya diajukan ke bupati selaku PPK untuk dievaluasi. Setelah itu barulah dilakukan pengukuhan dan pelantikan,\" paparnya.

Sementara untuk jabatan eselon II atau JPTP,  akan dilakukan seleksi terbuka. \"Untuk posisi JPTP targetnya secepatnya. Mudah-mudahan Juni ini segera terisi,\" pungkas Edwin. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: