BPS Provinsi Lampung Kukuhkan Sahabat Sensus Unila

BPS Provinsi Lampung Kukuhkan Sahabat Sensus Unila

radarlampung.co.id  - Upaya mensukseskan sensus penduduk 2020 (SP 2020), Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung, mengukuhkan sahabat sensus di Perpustakaan Unila, Jumat (13/3).

Kepala BPS Lampung, Faizal Anwar menjelaskan, sensus penduduk, dilakukan setiap 10 tahun sekali. SP 2020 merupakan sensus ke tujuh yang sudah digelar oleh pemerintah. \"Pengukuhan sahabat sensus ini untuk mensukseskan sensus penduduk 2020. Dan ini dilakukan di seluruh Indonesia, ada sekitar 44 perguruan tinggi,\" kata Faizal Anwar.

Menurutnya, data hasil sensus, akan digabungkan dengan data catatan sipil pemerintah, ada perbedaan awal data kependudukan pemerintah dan hasil BPS. \"Jadi, kami perlu melakukan penyesuaian data untuk mendapat data yang akurat. Dengan begitu kita bisa memiliki data yang tepat dan akurat soal jumlah kependudukan di Indonesia,\" ujarnya.

Faizal mengajak partisipasi aktif masyarakat Lampung untuk menyukseskan SP 2020. Ini agar misi mencatat indonesia akan tercapai dengan baik dan bisa mendapatkan data kredibel sebagai indikator dalam menentukan perbaikan bangsa kedepan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sensus penduduk 2020 dilakukan secara online. Masyarakat bisa mengikuti sensus melalui gadget mulai 15 Februari - 31 Maret 2020. Kemudian akan dilanjutkan dengan wawancara offline mulai 1-31 Juli 2020 mendatang.

Sementara, Wakil Rektor III Unila, Prof. Dr. Yulianto, M.S mengatakan, data merupakan jenis kekayaan baru di era revolusi industri 4.0. Hal itu sesuai dengan budaya akademik di kampus yang ilmiah. Maka, perguruan tinggi mesti terlibat dalam program sensus penduduk 2020.

\"Kunci kesuksesan keterlibatan seluruh elemen, saya mengajak seluruh civitas akademika Unila terlibat aktif untuk mensukseskan sensus penduduk 2020,\" ujarnya. (gie/rls/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: