Iklan Bos Aca Header Detail

Bupati Dapat Gelar dari Tokoh Bali Lamteng

Bupati Dapat Gelar dari Tokoh Bali Lamteng

radarlampung.co.id. - Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto mendapat gelar Penglingsir Dharma Wisesa Wicaksana (seorang pemimpin pemerintahan yang baik dan bijaksana) dalam acara  Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Lampung Ke-9 di Gedung Kesenian Kampung Ramadewa, Kecamatan Seputihraman, Minggu (25/8). Pemberian gelar diberikan tokoh adat Bali di Lamteng.

Dalam sambutannya, Loekman menyatakan bahwa Utsawa Dharma Gita merupakan kegiatan yang sangat penting bagi umat Hindu.

“Utsawa Dharma Gita adalah kegiatan penting bagi umat Hindu. Hal ini dalam upaya peningkatan pemahaman, pendalaman, penghayatan nilai-nilai keagamaan, sekaligus merupakan sarana untuk menggali ajaran agama yang terkandung dalam kitab suci Weda. Utsawa Dharma Gita memberikan wahana sekaligus dorongan untuk selalu mengingat dan memuji Tuhan dalam kehidupan. Umat Hindu benar-benar akan memiliki integritas moral dan perilaku yang terpuji, serta berkualitas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,\" katanya.

Karena itu, kata Loekman, umat Hindu yang merupakan bagian masyarakat Lamteng diharapkan dapat turut andil dan memberikan partisipasinya serta bekerja sama dalam menjaga situasi dan kondisi daerah yang sudah kondusif demi tercapainya kualitas kehidupan umat beragama yang lebih baik pada masa mendatang. \"Sebagai kepala daerah, saya harap umat Hindu turut andil dan berpartisipasi menjaga kondusivitas Lamteng,\" ujarnya.

Bupati gotong-royong ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas diberikannya penganugerahan gelar Penglingsir Dharma Wisesa Wicaksana kepada dirinya.

“Terima kasih atas penghargaan pemberian gelar ini. Semoga saya dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat etnis Bali yang ada di Lamteng. Sebagai bagian dari masyarakat etnis Bali yang ada di Lamteng ini, saya mengajak semua masyarakat etnis Bali untuk selalu manjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasarkan perbedaan suku dan etnis yang ada,\" tandasnya.

Sedangkan Ketua Pelaksana I Komang Mustika menjelaskan bahwa kegiatan Utsama Dharma Gita diikuti 393 peserta. \"Sebanyak 393 peserta mengikuti kegiatan ini. Sedangkan yang dilombakan ada 7 dan 31 tangkai lomba,\" tambahnya. (rls/sya/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: