Iklan Bos Aca Header Detail

Bupati Serahkan Bantuan Bedah Rumah  untuk Warga Wonosobo dan Kotaagung

Bupati Serahkan Bantuan Bedah Rumah  untuk Warga Wonosobo dan Kotaagung

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani, kembali menyerahkan bantuan bedah rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sasarannya empat rumah di Kecamatan Wonosobo dan Kotaagung.

Untuk Kecamatan Wonosobo, penerimanya adalah Neliyani dan Sapiudin, warga Pekon Tanjungkurung. Dari Kecamatan Kotaagung, bantuan untuk Ati, warga Madang Kelurahan Kuripan dan Amrin, warga Pekon Terbaya.

Dewi Handajani menyampaikan, bantuan bedah rumah tersebut merupakan salah satu program 55 Aksi Desa Asik melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tujuannya agar rumah tidak layak huni yang berpengaruh bagi kesehatan penghuni bisa menjadi rumah sehat dan layak huni.

\"Semoga bantuan ini bisa membantu masyarakat yang memiliki rumah tak layak huni menjadi rumah layak huni, agar yang menempatinya dengan nyaman,\" kata Dewi Handajani.

Ia juga meminta masyarakat dan pihak lainnya, apabila mengetahui ada rumah tidak layak huni agar segera melapor. Selanjutnya akan ditindaklanjuti supaya mendapatkan bantuan bedah rumah.

Kabid Pemukiman dan Perumahan Rakyat Ari Yudha mengatakan, program bedah rumah dari usulan masyarakat yang didasari kondisi rumah yang tidak layak huni.

\"Tahun ini total ada 282 rumah yang mendapat bantuan. Kami berikan secara bertahap dan ada juga tambahan bantuan bedah rumah dari pusat,\" kata Yudha. Teknis realisasi bantuan tersebut, penerima bantuan mendapat dana Rp15 juta untuk belanja material bangunan dan Rp 2,5 juta jasa biaya pembangunan rumahnya (tukang, Red) dipotong pajak.

Teknis lainnya, penerima menunjuk toko bangunan yang dipilihnya untuk belanja bahan bangunan. Selanjutnya Dinas PUPR Tanggamus mentransfer uang ke toko bangunan tersebut dengan batas nominal untuk keperluan bahan bangunan.

\"Jadi uangnya nanti langsung ditransfer ke toko bangunan yang menyuplai bahan bangunan bagi sasaran yang dapat program bedah rumah. Pola seperti itu lebih menjamin program terlaksana dan tepat sasaran,\" jelas Yudha.

Yudha menyatakan, sampai saat ini pihaknya sudah menerima usulan sebanyak 12 ribu rumah tidak layak huni yang meminta dibedah.

\"Nantinya bantuan diberikan bertahap dan juga prioritas yang sangat membutuhkan,\" pungkasnya

Sementara, kegiatan tersebut diikuti Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra, Camat Wonosobo Edi Fahrurrozi,  Kabag Protokol Riens Abdul Kadir,  Lurah Kuripan Rio Iskandar dan Kepala Pekon Terbaya Mardatu Aspar. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: