Bupati Tanggamus Terima Penghargaan APE 2020

Bupati Tanggamus Terima Penghargaan APE 2020

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Dalam prosesi pemberian penghargaan secara virtual tersebut, Bupati Dewi Handajani dan jajaran mengikuti dari ruang rapat utama bupati.

Turut mendampingi Inspektur Ernalia, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA dan KB) Edison, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Suaidi serta Bappelitbang. Dalam arahannya, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementrian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak serta pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG). [caption id=\"attachment_222508\" align=\"aligncenter\" width=\"1523\"]\"\" Bupati Tanggamus Dewi Handajani menerima penghargaan APE 2020. Pengumuman peraih APE dilakukan melalui virtual oleh Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Rabu (13/10). FOTO BAGIAN PROTOKOL SETKAB TANGGAMUS[/caption]

Beberapa indikator penilaian penghargaan APE di antaranya indeks pembangunan gender dan pemberdayaan gender.

\"Sementara upaya-upaya menuju kesadaran gender adalah strategi yang seharusnya melandasi pembangunan dengan memberdayakan semua masyarakat. Baik perempuan maupun laki-laki untuk dapat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka yang berujung pada peningkatan perekonomian,\" kata I Gusti Ayu Bintang Darmawati

Sementara Bupati Dewi Handajani dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukur karena tahun ini Pemerintah Kabupaten Tanggamus dapat meraih penghargaan APE 2020.

\"Semoga ini akan menambah semangat motivasi dan komitmen kami dalam mewujudkan kesetaraan gender yang lebih baik lagi ke depan di Kabupaten Tanggamus, serta mampu menciptakan keadilan (kesetaraan gender) bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan,\" kata Bunda Dewi--sapaan akrab Dewi Handajani.

Sementara, Plt. Kadis PPPA dan KB Tanggamus Edison mengatakan, diraihnya APE tahun 2020 tersebut tidak terlepas dari sinergitas dan kerja tim serta koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder terkait.

Tentunya capaian APE katagori pratama tersebut menunjukkan bahwa kesetaraan gender di Kabupaten Tanggamus tercapai dengan baik.

\"Insya Allah tahun depan kita berupaya meraih katagori berikutnya yakni madya. Itu diperlukan kerjasama yang lebih baik lagi. Melibatkan semua pihak. Siapa berbuat apa, serta hal-hal yang perlu diperbaiki dan kita lakukan,\" kata Edison. (iqb/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: