Iklan Bos Aca Header Detail

Viral Unggahan Potongan Slip Gaji, Ini Hasil Penelusuran Disnaker dan Polres Pringsewu

Viral Unggahan Potongan Slip Gaji, Ini Hasil Penelusuran Disnaker dan Polres Pringsewu

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Tenaga Kerja Pringsewu tidak menemukan perusahaan yang dituding memotong gaji karyawan hingga hanya menerima Rp368 ribu.

Penelusuran menindaklanjuti postingan akun Facebook atas nama Lisa Amelia yang mengeluhkan pemotongan penghasilannya.

Diketahui, akun Facebook bernama Lisa Amelia mengunggah foto slip gaji bertanggal 25 September 2021 menjadi viral.

Dari slip gaji tersebut, tertulis Lisa Amelia bekerja sebagai kasir di JS Swalayan dengan alamat Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu.

Dilansir dari detik.com, berdasar foto yang beredar, tertulis Lisa menerima gaji pokok sebesar Rp1 juta dengan tambahan bonus perilaku baik Rp50 ribu.

Dari jumlah tersebut, gaji Lisa dipotong atas tiga poin. Cuti sakit tiga hari, dipotong Rp300 ribu; terlambat sehari dipotong Rp150 ribu dan kompensasi barang hilang Rp232 ribu. Total potongan gaji Lisa Rp682 ribu.

\"Ya ampun (emotikon sedih). Udah gaji kecil, kena potongan segini banyak juga. Capek kerja nonstop sebulan cumen dihargain 368rb. Ini mah bayar kosan aja gak cukup. Boro-boro makan. (emotikon menangis),\" tulisan pada akun Lisa Amelia yang disertai foto slip gaji.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pringsewu Jhonrawardi melalui Sekretaris M. Faozan mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran ke swalayan yang disebut berada di Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu.

\"Kita telah melakukan pengecekan, tapi tak menemukan adanya JS swalayan,” kata M. Faozan.

Dilanjutkan, meski ada swalayan yang mendekati nama tersebut, setelah di cek, tidak ada karyawan atas nama Lisa Amelia.

Pihaknya juga berupaya mencari Lisa untuk croschek dengan menggandeng Disdukcapil. Namun nama yang bersangkutan tidak ditemukan.

\"Sudah di cek ke Disdukcapil. Tidak ditemukan nama Lisa di wilayah itu,\" ungkapnya.

Faozan menyatakan, hasil penelusuran dan pengecekan ke Disdukcapil juga telah dilaporkan ke berbagai pihak. Termasuk ke Bupati Pringsewu Sujadi Saddat.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Pringsewu Nazri Sayuti mengaku telah kedatangan tim Disnaker untuk mengecek alamat Lisa.

\"Tidak ditemukan nama Lisa seperti yang dimaksud. Kalaupun ada nama Lisa, masih anak-anak. Kita juga sudah buat surat pernyataan terkait pencarian nama Lisa ini di Disdukcapil Pringsewu,\" kata Nazri Sayuti.

Pada bagian lain, Kasi Humas Polres Pringsewu Aipda Suhud menyatakan pihaknya juga sudah melakukan pengecekan.

\"Kita sudah cek. Tidak menemukan adanya JS swalayan seperti yang diunggah di medsos,” kata Suhud mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri.

Menurut Suhud, sampai saat ini belum ada laporan masuk terkait pihak yang merasa dirugikan atas postingan tersebut atau pelanggaran UU ITE. (sag/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: