MUI Lampung Keluarkan Lima Maklumat Sikapi Merebaknya Corona

MUI Lampung Keluarkan Lima Maklumat Sikapi Merebaknya Corona

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mencermati kondisi terkini terkait virus Corona (Covid-19) yang telah terdeteksi penyebarannya ke Indonesia, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung Khairuddin Tahmid mengeluarkan lima maklumat, Sabtu (15/3). Untuk kemaslahatan bersama, MUI mengajak umat Islam melakukan lima langkah.

Pertama, mengajak seluruh umat Islam senantiasa berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memperbanyak taubat dan mohon ampun agar terhindar dari musibah ini. Selain itu, juga meninggalkan perilaku dzalim dan permusuhan karena bisa jadi musibah ini adalah cara Allah agar manusia semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

\"Kedua mengajak umat Islam berwudlu dan bersuci dengan benar dan sempurna serta mencuci kedua tangan secara lebih ekstra menggunakan sabun agar selalu terjaga kebersihannya, karena cara tersebut diyakini dapat menangkal penularan virus Corona,\" kata Khoiruddin.

Ketiga, mengajak umat Islam agar senantiasa teguh pada pola hidup Islami dengan makanan, minuman, pakaian, dan muamalah demi meraih ridho dan perlindungan Allah SWT, sesuai firman-Nya dalam alquran Surat Al Baqarah 168 yang artinya: Wahai manusia, makanlah apa yang Kami ciptakan di bumi dari segala yang halal yang tidak Kami haramkan dan yang baik-baik.

Keempat, menghimbau seluruh elemen masyarakat tetap tenang, bersatu, mengedepankan sikap saling membantu, jangan saling menyalahkan/berbantahan, tidak menyebarkan berita/informasi hoaks atau belum jelas kebenarannya, serta bersama-sama melakukan ikhtiar/upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus corona.

\"Terakhir, berbaik sangka dan percaya sepenuhnya kepada kebijakan pemerintah serta mendukung upaya-upaya terkait pencegahan dan penanganan penyebarluasan virus corona di Indonesia,\" ujarnya. (rls/sur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: