Iklan Bos Aca Header Detail

Waduh, Lamtim Minim Mobil Damkar

Waduh, Lamtim Minim Mobil Damkar

radarlampung.co.id - Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari memberi apresiasi kinerja petugas pemadam kebakaran. 

Hal itu disampaikan Zaiful saat menjadi pembina upacara peringatan hari ulang tahun pemadam kebakaran (Damkar) ke 101, Senin (2/3).

Menurutnya, para personil Damkar bertugas melebihi jam kerja ASN pada umumnya. Sebab, personil Damkar selalu siaga 24 jam tanpa mengenal hari libur dan siap bekerja mempertaruhkan nyawa saat melaksanakan tugasnya. 

 \"Personil Damkan selalu memegang teguh moto Pantang Pulang Sebelum Padam,\"ujar Zaiful saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian.

Lebih lanjut Zaiful menyatakan, penyelenggara Damkar dan penyelamatan seharusnya diwadahi oleh perangkat daerah yang mandiri menjadi satu dinas tersendiri.

Bahkan secara tegas dalam PP Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah menyatakan bahwa penyelenggara Damkar adalah dinas daerah provinsi dan dinas daerah kabupaten/kota yang menyelenggarakan sub urusan kebakaran.

\"Semoga kedepan petugas Damkar ini dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan responsif terhadap kejadian yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,\" kata Zaiful.

Kesempatan yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur Mashur Sampurna Jaya mengatakan, saat ini BPBD hanya nemiliki 2 uniy mobil Damkar. Padahal wilayah Lamtim sangat luas yang tersebar di  24 kecamatan. 

\"Kami akan mengajukan penambahan empat unit lagi. Sehinggal minimal BPBD punya enam Unit mobil Damkar,\" terang Mashur. (wid/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: