Iklan Bos Aca Header Detail

Waduh! Sudah Tes Swab, Masih Berkeliaran, Ternyata Positif Covid-19

Waduh! Sudah Tes Swab, Masih Berkeliaran, Ternyata Positif Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dua warga Desa Sidumulyo, Kecamatan Negerikaton, Ra (52) dan AS (25) dinyatakan positif terkonfirmasi positif Covid-19. Ini berdasar hasil tes Swab yang dilakukan Kamis (10/9).

Sayangnya, keduanya tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan Ra yang berprofesi sebagai penjual kerupuk sudah berjualan ke sejumlah desa.

Begitu juga AS. Ia pindah ke Desa Poncokresno, Kecamatan Negerikaton

Kepala UPT Puskesmas Roworejo Eni Widiawati mengatakan, AS terkonfirmasi positif lantaran kontak dengan pimpinan yang terpapar virus Corona di tempat dia berkerja di Bandarlampung. Kemudian Ra memiliki kontak dengan pendatang dari Metro.

\"Ra merasakan batuk pilek dan sesak nafas. Ia berobat ke bidan desa. Kemudian datang ke puskesmas pada Kamis (10/9) dan langsung kita tes Swab,\" kata Eni, Senin (14/9).

Eni menyayangkan Ra tidak jujur jika ia pernah kontak dengan orang yang positif Covid-19.

\"Ketika datang ke sini, kami juga khawatir. Begitu kedua warga tes Swab, kita minta mereka melakukan isolasi mandiri. Sudah kita edukasi serta koordinasikan dengan tim Gugus Tugas desa,\" ujarnya.

Dilanjutkan, pihaknya sudah melakukan tracking awal kepada 11 orang. Di antaranya dua tenaga medis.

\"Yang bersangkutan ini baru jujur setelah hasil Swab mereka positif,\" ucapnya.

Terpisah, Kepala Desa Sidumulyo Mulyadi menyayangkan informasi UPT Puskesmas Roworejo tidak segera disampaikan kepada tim Gugus Tugas Desa.

Pasalnya, jeda waktu dari tes Swab pada Kamis (10/9) sampai hasil keluar hasilnya Minggu (13/9), kedua warga yang positif Covid-19 tetap melakukan aktifitas seperti biasanya.

Dikhawatirkan orang-orang yang kontak dengan kedua warga tersebut terpapar virus Corona

\"Saya mendapat informasi dari pihak puskesmas via telepon, bahwa ada warga yang positif Covid-19 pada Minggu,\" kata Mulyadi.

Sebelum mendapat informasi kepastian terkonfirmasi positif Covid-19, dirinya tidak mengetahui kedua warga sudah beraktifitas seperti biasanya. Sementara mereka telah menjalani tes Swab.

\"Begitu mendapat informasi kemarin, saya langsung informasikan kepada seluruh jajaran untuk membatasi pertemuan. Hari ini kita langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah warga,\" pungkasnya. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: