Mulai Februari 2020, Sensus Penduduk Secara Online

Mulai Februari 2020, Sensus Penduduk Secara Online

radarlampung.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) akan memberlakukan sensus penduduk secara online mulai Februari 2020.

Kepala BPS Kota Bandarlampung Akhmad Nasrudin mengatakan, Sensus nantinya menggunakan data Adminduk secara online melalui website sensus.bps.co.id yang dapat diakses mulai Februari 2020.

\"Ini untuk yang pertama kalinya, jadi masyarakat akan mengisi sendiri data kependudukannya melalui website,\" kata Nasrudin saat menyambangi ruang kerja Wali Kota Bandarlampung Herman HN, Rabu (25/9).

Meski demikian, sambungnya, masyarakat yang tidak bisa melakukan pengisian data melalui website, petugas sensus tetap akan mendatangi ke kediamannya untuk mendatanya.

\"Nantikan bisa terlihat, mana yang belum melakukan pengisian dan yang belum didapati tidak lengkap mengisi datanya melalu website, petugas sensus dijadwalkan turun langsung pada Juli 2020,\" ujarnya.

Sensus yang dilaksanakan serentak secara Nasional itu nanti secara detail merangkum data kependudukan. \"Data akan dikumpulkan pada saat wawancara tersebut. Itu untuk penduduk yang belum lengkap data kependudukannya,\" imbuhnya.

Di sisi lain, Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyebutkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tapis Berseri dua tahun berturut-turut tertinggi di Lampung dengan memperoleh nilai 76,63.

“Sensus ini sangat bagus untuk melihat sejauh mana perkembangan penduduk di suatu daerah dan bisa menjadi rujukan dalam program pembangunan,” kata Herman.

Ia berharap, masyarakat dapat membantu petugas sensus agar dalam pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar, sehingga hasilnya benar-benar real dan sesuai dengan situasi yang ada di lapangan.

“Dalam sensus ini, nantinya akan terlihat jumlah penduduk baik itu yang mampu atau yang tidak mampu. Selain itu juga, jumlah penduduk laki-laki dan perempuan bisa terlihat jelas. Apalagi sensus kali ini lebih mudah karena menggunakan data kependudukan,” tandasnya. (apr/red/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: