Iklan Bos Aca Header Detail

Warga Babakan Loa Dapat Ganti Wajar Tapak Tower dan RoW

Warga Babakan Loa Dapat Ganti Wajar Tapak Tower dan RoW

radarlampung.co.id - Sebanyak 25 warga Desa Babakan Loa, Kecamatan Kedondong, Pesawaran mendapat pembayaran nilai ganti wajar tapak tower dan right of way (RoW) SUTT 150 kV Gedongtataan-Telukratai. Ganti wajar tersebut sesuai tahapan pelaksanaan pembayaran kompensasi atas tanah, bangunan dan/atau tanaman, yang berada di ruang bebas jaringan transmisi tenaga listrik.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Pesawaran Syukur mengatakan, pembangunan SUTT dan jaringan RoW 1500 kV merupakan program pemerintah yang harus  dukung.

\"Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap harus benar-benar dimengerti oleh masyarakat yang mendapat kompensasi ganti wajar. Semoga di kemudian hari tidak timbul permasalahan. Baik di masyarakat maupun ahli waris,\" kata Syukur, Jumat (10/5).

Sementara Kepala Desa Babakan Loa A.Rosyid mengatakan, sampai saat ini wilayah yang dipimpinnya, khususnya dua dusun, belum merasakan penerangan. \"Semoga program SUTT di wilayah kami dapat terlaksana. Sehingga dua dusun dapat merasakan penerangan listrik,\" sebut dia.

Ketua Tim SUTT Sony menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang hadir dalam sosialisasi nilai ganti wajar KJPP sebesar 100 persen untuk tapak tower dan tanam tumbuh yang dilintasi RoW sebesar 15 persen.

\"Untuk itu pihak PLN memohon kerjasama bapak dan ibu terkait program pembangunan Lampung Terang dan Indonesia Terang. Yakni dengan pembangunan SUTT untuk penerangan di wilayah Lampung. Jika kompensasi telah dilaksanakan, bapak/ibu akan diberikan berita acara ganti wajar SUTT,\" ujarnya.

Sony menuturkan, persyaratan penerima pembayaran ganti wajar oleh pihak PLN, di antaranya sertifikat atas tanah/lahan pemilik lahan, akta jual beli (AJB), sporadik atas tanah/lebih dan surat kuasa bagi yang mewakili.

Kisaran pembayaran ganti wajar tapak tower dan jaringan RoW senilai Rp10 juta-Rp100 juta untuk tanah/lahan tapak tower. \"Kalau untuk tanam tumbuh yang dilintasi jaringan RoW dibayarkan sebesar kurang lebih Rp50 ribu sampai dengan Rp700 ribu per batang dan berdasar jumlah serta ukuran tanam tumbuhnya,\" urainya.

Sosialisasi nilai ganti wajar KJPP di aula Balai Desa Babakan Loa tersebut juga dihadiri perwakilan Kejaksaan Tinggi Lampung Ratna Sari, BPN Pesawaran, dan perwakilan Kecamatan Kedondong. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: