Iklan Bos Aca Header Detail

Warning! Capaian Vaksinasi tak Capai Target, Tukin dan Siltap Ditunda

Warning! Capaian Vaksinasi tak Capai Target, Tukin dan Siltap Ditunda

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona meminta agar ada kebijakan yang tegas dari kecamatan hingga desa untuk menggenjot capaian 75 persen herd immunity dapat terwujud Desember mendatang.

Jika ada kecamatan yang belum tercapai cakupan vaksinasi di angka 75 persen, maka tunjangan kinerja akan ditunda. Demikian juga dengan penghasilan tetap aparatur desa.

\"Saya minta ada kebijakan-kebijakan tegas bagi warga yang belum divaksin. Seperti penundaan bantuan atau program lainnya. Kepada aparatur desa yang belum vaksin, tunda dulu siltapnya. Karena saat ini antusias masyarakat mulai berkurang. Sebab ada sanksi dari Permendagri. Saya dan pak wakilpun bisa dinonaktifkan jika capaian vaksinasi tidak mencapai 75 persen di Desember ini,\" tegas Dendi Ramadhona saat memberikan arahan pada rapat pembahasan jelang Natal dan Tahun Baru serta peningkatan capaian vaksinasi di aula kantor bupati, Selasa (30/11).

Dendi menuturkan, pandemi Covid-19 belum berakhir dan status tanggap darurat belum dicabut. Permendagri ditindaklanjuti Peraturan Gubernur serta Instruksi Bupati Pesawaran telah diterbitkan dalam rangka pembatasan kegiatan masyarakat menyongsong Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

\"Kita tidak ingin adanya lonjakan penyebaran Covid-19 jelang dan saat Nataru nantinya,\" ucapnya.

Saat ini, lanjut Dendi, berdasar dashboard P-care Kemenkes, capaian vaksinasi di Pesawaran di bawah 50 persen.

Itu menjadi salah satu indikator penetapan level daerah berdasar vaksinasi, sehingga saat ini kabupaten berjuluk Bumi Andan Jejama tersebut masih bertengger di level III

\"Kita masih masuk level III, artinya pembatasannya sangat ketat. Level III bukan karena adanya kasus kematian maupun kasus baru. Melainkan capaian vaksinasi. Walaupun secara data NIK yang telah mendapat vaksinasi, kita sudah mencapai 70 persen. Ternyata masyarakat Pesawaran banyak divaksin di luar daerah. Ada 70 ribuan warga yang divaksin di luar fasilitas kesehatan di Pesawaran,\" jelasnya.

Untuk itu Dendi juga meminta agar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dari kabupaten hingga desa dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa semua jenis vaksin aman.

Selain itu, dengan kondisi saat ini diharapkan tetap adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Terutama jelang Nataru, terhitung 24 Desember sampai tanggal 2 Januari 2022.

\"Kepada kepala desa, kegiatan hajatan tolong di-off-kan terlebih dahulu selama Nataru. Tidak hanya itu. Fasilitas umum, sarana ibadah hendaknya dilengkapi dengan peduli lindungi,\" tandasnya. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: