Waspada! Belasan Gajah di Suoh Lebih Beringas

Waspada! Belasan Gajah di Suoh Lebih Beringas

radarlampung.co.id - Sebanyak 12 ekor gajah liar dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) kembali memasuki wilayah Lampung Barat. Sejak beberapa hari lalu, kawanan hewan berbelalai ini terlihat di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh.

Balai Besar TNBBS Bidang Wilayah II Liwa Amri menyatakan, 12 ekor gajah yang memang sering mendekati perkebunan dan permukiman warga tersebut lebih beringas dari sebelumnya. Karena itu, masyarakat diminta waspada.

\"Iya. Sejak beberapa hari lalu, kawanan gajah yang berjumlah 12 ekor masuk wilayah Pekon Roworejo. Karena memang mereka sudah tidak bisa kemana-mana lagi. Laporan yang kami terima kali ini, (kawanan gajah) lebih beringas. Jadi perlu diwaspadai oleh masyarakat,\" kata Amri.

Ia menegaskan agar masyarakat setempat tidak bertindak sendiri. Harus ada perencanaan yang matang untuk menggiring kawanan gajah tersebut, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

\"Jangan sampai bertindak sendiri, karena itu sangat berbahaya. Tentunya kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Penanganannya seperti apa. Kami minta masyarakat untuk bersabar,\" ujarnya.

Disinggung upaya lain menghentikan konflik gajah dengan manusia yang terjadi setiap tahun di wilayah itu, Amri mengungkapkan pihaknya telah melakukan pembahasan terkait dengan rencana pemindahan kawanan gajah ke lokasi lain. Hanya saja, itu belum bisa direalisasikan karena perlu pertimbangan dan kajian yang matang.

\"Kami masih menunggu keputusan dari pusat dan Balai Besar. Sudah pernah kami usulkan, namun itu tidak serta merta bisa segera dilakukan. Kita perlu bersabar, menunggu keputusannya seperti apa. Jangan sampai kita pindahkan ke lokasi lain, ternyata malah menimbulkan konflik baru. Selain itu, khawatirnya malah gajah di TNBBS habis nantinya kalau dipindahkan semua,\" urainya. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: