Waspada! Penipu Mengaku Camat Beraksi di Tanggamus

Waspada! Penipu Mengaku Camat Beraksi di Tanggamus

RADARLAMPUNG.CO.ID - Nama Camat Pugung Hardasyah dicatut oleh oknum tidak bertanggung jawab. Pelaku menggunakan nomor WhatsApp dan memasang foto profil pejabat tersebut.

Hardasyahmengungkapkan, peristiwa itu diketahui Jumat (12/2). \"Ada modus penipuan mengatasnamakan saya selaku Camat Pugung dengan menggunakan nomor +6238-4802-0089. Saya tegaskan itu bukan nomor saya. Nomor saya yang asli tidak berubah dan tidak saya ganti, yakni +62813-6900-3**5,\" tegas Hardasyah melalui pesan WhatsApp.

Dilanjutkan, aksi penipuan yang mengatasnamakan dirinya diketahui setelah ada pihak Yayasan Alfalah Gunung Tiga yang melapor.

Pihak yayasan mengaku mendapat pesan WhatsApp. Isinya meminta nomor rekening bahwa akan ada bantuan dana dan akan ditransfer.

\"Bahasanya ada sedikit rezeki dari temen-temen camat dan mau didonasikan. Kemudian meminta nomor rekening. Hal ini sudah saya laporkan kepada bapak Kapolsek Pugung,\" sebut Hardasyah.

Masih kata Hardasyah, nomor WhatsApp yang mengaku sebagai dirinya tersebut sempat aktif hingga pukul 15.30 WIB. Namun setelah, nomor tersebut tidak bisa dihubungi lagi.

\"Mungkin saja teman-teman ada yang sudah mendapat WA dari nomor tersebut, tapi belum lapor. Saya berharap belum ada yang jadi korban atas kejadian ini. Apabila ada rekan-rekan ada yang menghubungi serta mengatasnamakan saya ataupun nomor diatas, segera tolak dan laporkan,\" pungkasnya.

Hal serupa juga menimpa Camat Talangpadang Agustam Hamied. Namanya dicatut untuk mencoba menipu tiga lembaga pendidikan keagamaan pada dua kecamatan.

Masing-masing ponpes di Pekon Sumbermulya, Kecamatan Pulaupanggung, Ponpes Alfatah Dusun Mincang, Pekon Negeriagung, Kecamatan Talangpadang dan Yayasan Al Khairiyah Pekon Sinarbanten, Kecamatan Talangpadang.

\"Modusnya mau kasih bantuan dari pemda melalui pesan instan WhatsApp. Mengaku sebagai saya Camat Talangpadang. Nomornya ganti-ganti,\" kata Agustam.

Kemudian, Jumat (12/2), ponpes di Pekon Sumbermulya menghubunginya. Keesokan harinya, Ponpes Alfatah Mincang dan Yayasan Alkhairiyah.

Untungnya, pihak ponpes dan yayasan langsung mengontak dirinya untuk mengkonfirmasi sehingga terhindar dari aksi penipuan.

\"Nomornya yang menghubungi mengatasnamakan saya adalah 08132835708 dan 083848020089. Jadi mohon agar tidak ditanggapi apabila nomor tersebut atau nomor lain mengaku sebagai saya dengan menghubungi via WA. Sebab kalau ada bantuan, akan disampaikan melalui surat resmi atau pihak kecamatan yang mendatangi langsung,\" tegas Agustam.(ral/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: