Way Tuba Meluap, 658 Rumah Terdampak Banjir

Way Tuba Meluap, 658 Rumah Terdampak Banjir

RADARLAMPUNG.CO.ID - Intensitas hujan tinggi beberapa hari terakhir menyebabkan Way Tulangbawang (Tuba) meluap.

Akibatnya, ratusan rumah di lingkungan bugis dan lingkungan palembang, kelurahan Menggala Kota, Kecamatan Menggala, terendam.

Johan salah seorang warga lingkungan bugis mengatakan, air mulai naik pasca hujan deras beberapa hari terakhir.

\"Sudah sekitar empat hari lalu mulai naik,\" katanya kepada radarlampung.co.id, Senin (24/2) sore.

Menurut pria berjenggot tersebut, air sempat mencapai ketinggian 60 cm. \"Tapi alhamdulillah hari ini sudah mulai surut airnya,\" ungkapnya.

Wilayah lingkungan bugis dan palembang memang menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Banjir menggenangi rumah-rumah panggung di kawasan ini akibat luapan Way Tuba.

Meski begitu, warga di dua lingkungan ini masih tetap bertahan.

Sementara itu, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulangbawang, tercatat 658 rumah terdampak banjir luapan Way Tuba.

\"409 rumah tergenang banjir di lingkungan bugis dan 249 rumah tergenang di lingkungan palembang, tiga rumah di antaranya terendam,\" ungkap Kepala BPBD Tulangbawang Kanedi.

Mantan sekretaris Dinas Perikanan itu merinci, 409 rumah yang tergenang di lingkungan bugis berada di RW 1 sebanyak 208 rumah dan RW 2 sebanyak 201 rumah. Sedangkan 249 rumah yang tergenang di lingkungan palembang berada di RW 1 sebanyak 104 rumah, RW 2 sebanyak 108 rumah, dan RW 3 sebanyak 37 rumah.

BPBD Tulangbawang juga telah mendirikan satu posko siaga darurat dan menyiagakan satu unit perahu karet di lingkungan palembang.

Selain itu, BPBD juga telah berkoordinasi dengan beberapa instansi untuk antisipasi meluasnya dampak luapan Way Tuba.

Dinas Kesehatan setempat juga terlihat menyiagakan posko-posko kesehatan.

Berdasarkan pantau radarlampung.co.id di lokasi, banyak masyarakat setempat khususnya anak-anak yang memanfaatkan luapan Way Tuba untuk bermain air. Terlihat juga puluhan warga yang mencuci kendaraan bermotor mereka memanfaatkan genangan genangan air akibat luapan Way Tuba. (nal/sur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: