Corona Masuk Indonesia, Diskes Lampung Tunggu Instruksi

Corona Masuk Indonesia, Diskes Lampung Tunggu Instruksi

radarlampung.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) positif terkena virus corona (Covid-19) Senin (2/3). Seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun saat ini tengah ditangani khusus di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Dilansir laman detik.com, ibu dan anak ini tinggal di Depok, Jawa Barat. Keduanya positif terjangkit virus Corona di wilayah Indonesia. Mereka tertular oleh warga negara Jepang. \"Terkenanya dirumahnya. Di daerah Depok,\" kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Senin (2/3).

Sementara di Lampung, Dinas kesehatan terus melakukan pemantauan WNI maupun WNA yang baru saja datang dari negara positif terjangkit Covid-19.

\"Kalau sampai saat ini melalui tim surveilans tetap memantau semua warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang baru berpergian dari luar negeri. Untuk pertama kan, KKP (kantor kesehatan pelabuhan) yang melakukan screening awal menggunakan thermal scanner,\" kata Kepala Diskes Lampung Reihana, usai menggelar hearing dengan Komisi V DPRD Lampung, Senin (2/3).

Selanjutnya, dari Diskes melalui tim surveilans. Selama ini, pantauan tim belum ada yang menunjukkan gejala covid 19. Bahkan yang dari Wuhan, atas nama Novi juga kondisinya sehat. Sampai saat ini, Diskes pun masih melakukan pengawasan sesuai dengan instruksi yang diterima dari kementerian kesehatan. Dia mengaku peningkatan pengawasan atau lain halnya siap dilakukan usai ada instruksi lanjutan.

\"Kami sampai saat ini sudah melakukan sesuai dengan protap yang telah ditetapkan. Belum ada instruksi lanjutan yang lebih lagi yang perlu kami lakukan. Seperti masker, kenapa jumlahnya menipis. Tapi hasil rapat kerja kesehatan di Jakarta, Kementerian Kesehatan juga belum menganjurkan pada kami untuk menggunakan masker. Kecuali sedang sakit,\" tambahnya.

Untuk memastikan langkah apa yang bakal dilanjutkan, Reihana meminta bersabar. Nanti akan ada pers rilis dari Kemenkes terkait dua orang terserang Covid-19.

Namun, jika di Lampung ditemukan WNI maupun WNA yang memiliki gejala Covid-19, akan langsung ditindaklanjuti. Apalagi tiga rumah sakit sudah disiapkan.

\"Yang disiapkan kan ada tiga. RS Ahmad Yani, RS Bob Bazar, dan RSUDAM. Untuk kesiapannya, terutama ruang isolasi rumah sakit, itu yang paling siap adalah Rumah Sakit Abdul Moeloek. Karena kita punya ruang isolasi hampa udara,\" urainya. 

Reihana bersyukur hingga saat ini, laporan tim surveilans di lapangan belum ada laporan yang menunjukkan gejala-gejala seperti pneumonia. Tapi untuk positifnya, itu harus dikirim ke laboratorium. (rma/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: