Iklan Bos Aca Header Detail

Operasi Lilin Krakatau, Waspada Aksi Terorisme dan Radikalisme

Operasi Lilin Krakatau, Waspada Aksi Terorisme dan Radikalisme

RADARLAMPUNG.CO.ID - Polres Tanggamus menerjunkan 73 personel dalam Operasi Lilin Krakatau 2020, di-back up 30 personel TNI, polsek jajaran, dinas perhubungan, dinas kesehatan, Pramuka dan Senkom.

Pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 ditandai dengan gelar pasukan Operasi Lilin Krakatau yang dipimpin Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, Senin (21/12).

Apel gelar pasukan dihadiri Pasi Ops Kodim 0424/TGM Kapten Inf. Redi Kurniawan, Asisten Bidang Pemerintahan Faturahman, Kasatpol PP Suratman, Kepala Pelaksana BPBD Ediyan M. Thoha dan Danpos SAR Tanggamus Heri Amsoni.

Saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis, AKBP Oni Prasetya mengatakan, Polri menyelenggarakan operasi terpusat yakni Operasi Lilin 2020. Dilaksanakan selama 15 hari, mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

\"Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid- 19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,\" kata AKBP Oni Prasetya.

Dilanjutkan, berdasar prediksi intelijen, terdapat beberapa potensi kerawanan yang harus diantisipasi. Yakni aksi terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkotika, miras dan aksi perusakan fasilitas umum.

Kemudian tindakan kriminalitas seperti curat, curas dan curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam.

\"Apel gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,\" tegasnya.

Sementara Wakapolres Tanggamus Kompol Heti Patmawati menambahkan, pengamanan dikonsentrasikan pada tempat ibadah, lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya.

\"Untuk mendukung itu, Polres Tanggamus juga menyiapkan dua pos pengamanan (Pospam). Di area pantai Terbaya dan rest area Gisting,\" ujarnya. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: