Pakaian Adat Lampung: Ini Jenis dan Atributnya

Pakaian Adat Lampung: Ini Jenis dan Atributnya

LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID – Provinsi Lampung merupakan provinsi yang berada di wilayah ujung selatan Pulau Sumatera. Selain mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik, Lampung juga terkenal dengan pakaian adatnya.

Dimana pakaian adat ini merupakan suatu identitas juga kebanggan Provinsi Lampung. Provinsi Lampung juga mempunyai berbagai macam pakaian adat yang sangat khas.

Pun juga sangat sarat dengan makna dan filosofinya, inilah yang sebenarnya menjadi sala satu keunikan dari pakaian adat Lampung.

Semboyan dari masyarakat Lampung yakni Sai Bumi Ruwa Jurai. Dimana artinya satu Bumi Dua Jiwa. Dimana semboyan ini menggambarkan dua suku bangsa yang sudah lama mendiami di wilayah Lampung.

BACA JUGA:Ini Loh 3 Jenis Rumah Adat Lampung Berikut Nama, Sejarah, dan Bentuknya

Yakni suku Pepadun dan suku Lampung Saibatin atau bisa disebut Pesisir. Nah kali ini radarlampung.co.id mencoba merilis beberapa pakaian adat yang ada di Provinsi Lampung.

Walaupun dua suku ini sama-sama menjadi masyarakat asli, tetapi keduanya memiliki perbedaan. Tak hanya tradisi maupun bahasanya. Namun juga pakaian adatnya.

Berikut kita rangkum beberapa pakaian adat Lampung Pepadun dan Saibatin.

BACA JUGA:Wajib Dicoba, Ini Makanan Khas Lampung yang Bikin Kamu Ketagihan

Pakaian Adat Lampung Pepadun

Pakaian adat Lampung Pepadun memiliki ciri khas yang berbeda. Hal ini karena masyarakat Pepadun itu identik banyak mendiami daerah pedalaman atau bisa juga dataran tinggi Lampung.

Untuk pakaian adat pria nya baju lengan Panjang berwarna putih. Dengan dipadukan celana panjang hitam.

Lalu untuk bagian luarnya dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang ditenun menggunakan benang emas.

Sarung ini dipakai menutup celana dari pinggang hingga lutut. Lalu, dibagian luar sarung, diikat sesapuran atau sehelai kain putih dengan rumbai tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: