Pasien Covid-19 Isolasi di RSP Unila Bertambah 4 Orang

Pasien Covid-19 Isolasi di RSP Unila Bertambah 4 Orang

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli mengungkapkan pasien yang menjalani isolasi di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Lampung (Unila) bertambah empat orang, dari yang sebelumnya tiga orang.

\"Total yang dirawat jadi tujuh orang. Akan tetapi, satu orang pasien sudah sembuh, jadi totalnya ada enam pasien. Semuanya orang Bandarlampung, karena RSP Unila khusus untuk orang Bandarlampung,\" katanya kepada Radarlampung.co.id, Rabu (16/12).

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat Kota Bandarlampung untuk disiplin dalam mematuhi instruksi satuan tugas atau walikota. Yakni, disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Meskipun per hari ini (16/12), Kota Bandarlampung ditetapkan zona oranye yang sebelumnya zona merah. Namun, menurutnya, zona oranye berarti termasuk belum memuaskan.

\"Artinya, penyebaran atau kasus pandemi Covid-19 masih terbilang tinggi. Akan tetapi, alhamdulillah kita syukuri sudah zona oranye, meskipun terbilang hampir sama dengan zona merah, ya minimal zona kuninglah, ya,\" ujarnya.

Selain itu, dalam memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19, pihaknya memberikan masukan kepada satgas Covid-19 untuk terus mengawasi masyarakat agar disiplin 3M.

\"Ya, memang satgas harus tegas, begitu ada yang berkerumun harus dibubarkan, dan menekankan disiplin 3M,\" ucapnya.

Diketahui, adapun peralatan yang disediakan di RSP Unila, berupa tempat tidur sebanyak 14 unit dengan tiga ruangan, di lantai I salah satu gedung RSP Unila, lemari obat, tabung oksigen 15 unit, dan peralatan lainnya. \"Semua sudah siap dan lengkap,\" katanya kepada Radar Lampung, Selasa (1/12).

Selain kesiapan fasilitas, pihaknya juga sudah membagi tiga sif jaga, yang diisi 1 orang dokter dan 2 perawat per enam jam. \"Sif pertama pukul 8.00-14.00 WIB, kedua 14.00-20.00 WIB dan ketiga 20.00-08.00 WIB,\" ujarnya.

Untuk bayaran sif pertama dan kedua, bagi dokter dibayar sebesar Rp210.00 per sif dan perawat Rp105.000. Sedangkan sif ketiga (malam) untuk dokter dibayar Rp420.000 dan perawat Rp210.000.

Disebutkannya, penanganan bagi pasien Covid-19 yang diisolasi di RSP Unila ditangani dengan pelayanan biasa. Dikarenakan tempat isolasi tersebut diperuntukan bagi pasien bergejala ringan bukan berat. (apr/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: