Data 2.580 KK Penerima BPNT Lambar Hilang

Data 2.580 KK Penerima BPNT Lambar Hilang

RADARLAMPUNG.CO.ID - Data penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) di Lampung Barat berkurang sebanyak 2.580 kepala keluarga (KK). Data yang hilang ini sebagian besar dari Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh.

Pengurangan tersebut terjadi setelah dilakukan pemadanan nomor induk kependudukan (NIK) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) beberapa waktu lalu.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dissos) Lambar Raden Muhammad Arsyad mengungkapkan, awalnya data penerima BPNT pada Januari dan Februari sebanyak 23.263 KK.

BACA: https://radarlampung.co.id/2021/04/05/sinkronisasi-lima-ribu-data-penerima-bpnt/

Setelah dilakukan proses pemadanan, awal maret, data penerima BPNT berkurang menjadi 14.804 KK. Lalu perbaikan dilakukan sehingga saat ini penerima sesuai data pusat yakni sebanyak 20.683 KK.

\"Untuk data terbaru memang masih kekurangan sebanyak 2.580 KK dari jumlah penerima sebelumnya. Namun kami masih terus berupaya untuk mengembalikan data yang hilang tersebut. Karena ada kemungkinan perbaikan lagi,\" kata Arsyad mewakili Kepala Dissos Lambar Hi. Jaimin.

Penyebab hilangnya 2.580 KK penerima BPNT tersebut, dikarenakan proses pemadanan NIK yang dilakukan beberapa waktu lalu tidak valid.

Di mana, antara NIK yang di input dengan yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tidak sama.

\"Data kami sudah dapatkan, dan akan kami turunkan ke bawah untuk pemadanan kembali. Semoga proses ini berjalan lancar sehingga data penerima DTKS yang sebelumnya hilang bisa kembali lagi,\" sebut dia. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: